PENGHARAPAN YANG TIDAK MENGECEWAKAN (2)



Untuk memperoleh pengharapan yang tidak mengecewakan, Firman Tuhan memberikan persyaratan yang harus kita miliki sebagai orang yang berharap kepada Tuhan.  Tuhan tidak menyediakan pengharapan bagi orang fasik, orang yang tidak percaya kepada Tuhan dan orang yang hidup tidak layak di hadapan Tuhan. Sebab itu penting bagi kita untuk mengetahui setiap persyaratan yang Tuhan mau atas pengharapan kita.

HARAPAN ORANG BENAR Ams 10:28  Harapan orang benar akan menjadi sukacita, tetapi harapan orang fasik menjadi sia-sia. Siapakah diri kita dihadapan Tuhan? apakah kita sungguh menjadi orang yang benar dihadapan Tuhan sehingga kita layak menaruh pengharapan kita kepada Tuhan? siapakah orang benar itu?  Ulangan 6:25 Dan kita akan menjadi benar, apabila kita melakukan segenap perintah itu dengan setia di hadapan TUHAN, Allah kita, seperti yang diperintahkan-Nya kepada kita. Yang menjadi kunci dari pengharapan yang mengecewakan adalah hidup sebagai ornag benar.

BERSUKACITA DALAM PENGHARAPAN Rm 12:12  Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!  Kepercayaan yang total kepada Allah membuat kita mampu bersukacita dalam pengharapan. Mampu berserah total kepada Tuhan dan Sebab itu biarlah kita selalu percaya bahwa Tuhanlah sumber segalanya dalam pengharapan kita. 

TEGUH BERPEGANG PADA PENGHARAPAN Rm 15:4  Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci. Ada  banyak tantangan dalam kita berharap kepada Tuhan. Seringkali kita menjadi lemah, goyah, dan tidak bergairah, sehingga kita berhenti berharap kepada Tuhan. dibutuhkan kesabaran dalam menantikan jawaban ats pengharapan kita kepada Tuhan sebab waktu kita bukanlah waktu Tuhan. dan Tuhan lebih mengetahui segalanya tentang hidup kita.
Sungguh bangga kita memiliki Allah yang menyediakan pengharapan yang tidak mengecewakan. Biarlah oleh kekuatan RohNya yang kudus kita dimampukan untuk menjadi orang yang benar dan layak dihadapan Tuhan, mampu bersukacita dalam pengharapan dan tetap teguh dan kuat mengahadapi segala tantangan yang ada. Amin (LGS).