PENGHARAPAN YANG TIDAK MENGECEWAKAN (6)


TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya. Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan, atau anak cucunya meminta-minta roti; tiap hari ia menaruh belas kasihan dan memberi pinjaman, dan anak cucunya menjadi berkat.
Mazmur 37:23-26

Hendaknya setiap orang dalam kehidupannya selalu mempunyai pngharapan. Pengharapan akan membuat orang untuk bersemangat dalam menjalani kehidupannya, bahkan dapat menjadikan seseorang menang terhadap keputusasaan!. Marilah kita mau belajar kepada Daud melalui Mazmurnya. Daud memiliki beberapa alasan penting, mengapa dia harus menaruh pengharapannya hanya kepada Tuhan saja?. 
1. Tuhan yang menetapkan langkah orang (Maz. 37:23)
Tuhan empunya hidup dan kehidupan, tanganNya yang menentukan dan mengatur kehidupan. Sebab Dia adalah Tuhan yang berkuasa atas hidup saudara dan saya.
2. Tuhan yang menopang tangan orang (Maz. 37:24)
Dia, Tuhan yang juga bertanggung jawab atas hidup kita!. Tuhan tidak saja memberi, namun juga akan menopang kehidupan kita. Tuhan tidak akan membiarkan saudara dan saya jatuh hingga tergeletak!.
3. Tuhan yang menyertai orang percaya (Maz. 27:25)
Pernyataan daud, “Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan,..” hal itu membuktikan bahwa penyertaan itu ada dan terus ada sampai selama-lamanya. Penulis Ibrani juga menegaskan, “...Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau”. (Maz. 13:5 b).
4. Tuhan yang menaruh belas kasihan pada orang (Maz. 27:26)
Salah satu sikap yang Tuhan miliki adalah selalu memberi belas kasihan pada orang. Kepada siapapun!... dan dalam keadaan apapun!. Memberi makan banyak orang...menyembuhkan sakit...hingga mengampuni dosa manusia. Semuanya itu dilakukannNya dengan perasaan belas kasihan.

Saudara yang terkasih, marilah kita bersama hidup dengan menaruh pengharapan hanya kepada Tuhan!. Sebab pengharapan kepada Tuhan tidak akan mengecewakan. Amin. NDP