PENGHARAPAN YANG TIDAK MENGECEWAKAN (4)



Kepada siapa kita berharap itu akan menentukan pengharapan mengecewakan atau tidak. Pengharapan kepada manusia sangat terbatas, pengharapan kepada berhala sangat membahayakan diri kita. Beberapa nas berikut menjadi pedoman untuk mengarahkan setiap pengharapan kita agar sungguh kita dapat menikmati pengharapan yang tidak mengecewakan…

ALLAH SUMBER PENGHARAPAN Rm 15:13  Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan. Mutlak tidak ada sumber lain tempat kita berharap. Hanya Allah sumber pengharapan kita, Pernyataan dalam FirmanNya sebagai janji dan garansi yang di tetapkan bagi kita yang berharap kepadaNya. 

JANGAN BERHARAP PADA MANUSIA Yes 2:22  Jangan berharap pada manusia, sebab ia tidak lebih dari pada embusan nafas, dan sebagai apakah ia dapat dianggap? Pikiran manusia terbatas, kemampuan manusia terbatas, semua yang ada dalam diri manusia sangatlah terbatas. Sebab itu salah apabila kita berharap kepada manusia, sepandai apapun, sekaya apapun, sekuat apapun manusia tidak dapat menjamin sebuah pengharapan.

HINDARI HARAPAN YANG SIA-SIA Yer 23:16  Beginilah firman TUHAN semesta alam: "Janganlah dengarkan perkataan para nabi yang bernubuat kepada kamu! Mereka hanya memberi harapan yang sia-sia kepadamu, dan hanya mengungkapkan penglihatan rekaan hatinya sendiri, bukan apa yang datang dari mulut TUHAN; tantangan dalam berharap adalah sesuatu yang datang instan, yang cepat dan memuaskan, tidak perduli berasal dari mana, kelihatan sangat menguntungkan… hal-hal ini yang selalu ditawarkan oleh dunia dan allah lain. Kita harus peka membedakan apa yang benar dan tidak benar. Karena sesaat kita merasakan kelegaan, tetapi kemudian kesesakan dan kesedihan yang berkepanjangan.

Tuhan adalah Allah yang setia. Mzm 145:13  Kerajaan-Mu ialah kerajaan segala abad, dan pemerintahan-Mu tetap melalui segala keturunan. TUHAN setia dalam segala perkataan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya. Dia akan menjadi memberikan sukacita atas orang-orang yang berharap hanya kepadaNya. Amin (LGS)