ALLAH LEBIH DAHULU MENGASIHI KITA (5)



Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita. Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.
I Yohanes 4:10,19

Rasul Yohanes dalam perikop ini menegaskan supaya kita hidup untuk saling mengasihi. Dasar dan alasan untuk kita hidup saling mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita. Bagaimana cara Allah mengasihi hidup saudara dan saya?. 

Ada beberapa hal yang dapat kita pelajari serta renungkan melalui tema diatas.
1. Mengutus AnakNya ke dunia. (I Yoh. 4:10)
“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, ....”.(Yoh 3:16a). Kelahiran Yesus di Betlehem sebagai pernyataan kasih Allah yang sempurna serta tanpa batas yang dikerjakan untuk kehidupan manusia yang berdosa. Sebagai Tuhan yang turun ke dunia menjadi manusia!....Dia yang mulia telah menjadi yang paling hina untuk segenap manusia!... Rasul Paulus menegaskan, “Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, ....” (Roma 8:32. Semuanya itu Ia lakukan sebagai bukti kasihNya kepada saudara dan saya. Allah mau supaya kita hidup olehNya (I Yoh. 4:9).

2. Menjadi pendamai dunia!.( I Yoh.4:10).
Kedatangan Yesus ke dalam dunia untuk menjadi pendamai umat manusia dengan Allah. Dosa menjadikan manusia seteru Allah!. Dan dosa membuat manusia menjadi layak beroleh murka serta penghukumanNya!. Paulus berkata, “Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. ......” 
( II Kor. 5:19). Akibatnya manusai beroleh pengampunan serta menjadi ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang  (II Kor. 5:17).

Saudara yang terkasih di dalam Yesus Kristus, Allah telah menyatakan kasihNya kepada semua manusia yang berdosa dengan tidak mempehitungan kesalahan serta pelanggarannya. Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal Yesus Kristus untuk menjadi pendamaian bagi diriNya dengan saudara dan saya....supaya setiap kita beroleh pengampunan serta keselamatan kekal yang dari padaNya. Amin. NDP