ISTERI YANG CAKAP (4)



Isteri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang suaminya. Amsal 12:4


Cakap berbeda dengan cakep, atau cantik. Cakap pengertiannya mampu mengerjakan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Mampu melihat dan menguasai setiap detail yang harus di selesaikan. Sebab ketika seorang wanita tidak mempunyai pengertian yang menyeluruh tentang tanggung jawab dalam keluarga, maka ia akan mengabaikannya. BeberaPa nas mengarahkan kita menjadi istri yang cakap.

CAKAP MENJAGA KEHORMATAN SUAMINYA Amsal 12:24 Isteri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang suaminya. Sifat, karakter, kebiasaan, dan semua aspek hidup, wanita harus mengerti dampak baik buruknya terhadap suaminya. Wanita harus mampu memperbaiki hal-hal yang tidak baik, menjadi yang baik saat kita mau dikategorikan menjadi istri yang cakap.

CAKAP MENJADI PELAKU FIRMAN 1Ptr 3:1  Demikian juga kamu, hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, supaya jika ada di antara mereka yang tidak taat kepada Firman, mereka juga tanpa perkataan dimenangkan oleh kelakuan isterinya, Tuhan bisa memakai istri sebagai penolong suami untuk melakukan kebenaran Firman Tuhan. 

CAKAP MENAHAN DIRI 1Tim 3:11  Demikian pula isteri-isteri hendaklah orang terhormat, jangan pemfitnah, hendaklah dapat menahan diri dan dapat dipercayai dalam segala hal. Dalam berbicara, dalam bertingkah laku, dalam berpikir biarlah kita mampu menguasai diri dengan benar. Sebab dunia ini selalu menawarkan apa yang bertentangan dengan kebenaran. Bahkan apa yang dunia katakan sangat mempersulit wanita untuk menguasai diri. Amin (LGS)

No comments:

Post a Comment