ISTERI YANG CAKAP (6)


Amsal 12:4

Tema kita minggu ini mengenai isteri yang cakap terambil dari Amsal 12:4. Kata cakap dapat dipahami sebagai sebuah kepintaran atau kepandaian, kepiawean, keahlian, cekatan, ketrampilan, kebijaksanaan untuk bisa melakukan segala sesuatu dengan baik. Ada beberapa hal yang dapat kita pahami berkenaan dengan isteri yang bisa dikatakan cakap. 
a. Seorang isteri  yang cakap haruslah takut akan Tuhan (Amsal 1:7).
Point pertama inilah yang menjadi dasar bahwa seorang isteri yang cakap adalah seorang yang takut akan Tuhan, sebab bagaimana mungkin seorang isteri bisa dikatakan cakap bagi suaminya jika ia  tidak takut akan Tuhan. Isteri yang cakap adalah isteri yang mampu menghargai, mengormati dan tunduk akan sumainya seperti kepada Tuhan. 

b. Seorang isteri cakap harus tunduk kepada suami ( Kolose 3:18). 
Tidak hanya seorang isteri yang cakap takut akan Tuhan tetapi dia juga memiliki penundukan diri akan suaminya. Ketundukan diri merupakan suatu hal penting yang harus dimiliki oleh setiap isteri. Mengapa demikian? Seorang suami memang kodratnya diciptakan sebagai wakilNya Tuhan untuk menjadi seorang kepala dan sekaligus pemimpin dalam sebuah keluarga, maka fungsi dari seorang suami ialah memimpin keluarganya. Dengan begitu seorang isteri haruslah tunduk kepada suami, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan. 

c. Seorang isteri yang cakap mampu menjadi penolong bagi suaminya (Kejadian 2:18). 
Alkitab berkata dalam Kejadian 2:18 bahwa isteri diciptakan sebagai penolong yang sepadan bagi suaminya, ini merupakan inisiatif Allah sebab Allah melihat tidak baik laki-laki seorang diri saja maka diciptakan perempuan sebagai penolong, sebab perempuan diambil dari laki-laki maka ada yang namanya lembaga pernikahan. Tuhan tahu, mengerti bahwa laki-laki memiliki banyak kekurangan, dan kelemahan  maka isteri inilah Tuhan jadikan untuk menutupi kekurangan itu dalam mencapai sebuah kebahagiaan. 
Ada beberapa kriteria isteri yang dikatakan cakap. 
1. Seorang isteri memiliki sifat yang dapat dipercaya (Amsal 31:11a). 
2. Seorang isteri bisa hemat (Amsal 31:11b).  
3. Seorang isteri memiliki ketulusan hati (Amsal 31:12)
4. Seorang isteri haruslah orang yang ringan tangan ( Amsal 31:13). Amen.. (Be).

No comments:

Post a Comment