BUANGLAH SEGALA SESUATU YANG KOTOR (5)



 ( Yak. 1:21) 

Saudaraku, Yakobus melihat hati manusia sebagai sebuah kebun. Apabila kebun itu tidak terpelihara, maka kebun itu hanya akan menghasilkan semak duri saja. Semak duri itu adalah suatu kehidupan yang kotor, najis, berdosa, tidak berkenan dihadapan Tuhan. Semak duri juga yaitu suatu kehidupan yang membawa malapetaka. Sebab kehidupan kita akan semakin jauh dari Tuhan. Baca Yeremia 4:3-4. Apa yang dikatakan oleh Yakobus, Yeremia ini sama dengan pengajaran Tuhan Yesus yang disampaikan melalui perumpamaan dalam Matius 13:1-9; 18-23. Mari kita baca kembali Yakubus 1:21: “Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu”.
Di dalam Yakobus1:21. Yakobus menjelaskan ada 3 hal untuk mempersiapkan hati sebagai tanah yang baik untuk ditaburi oleh benih Firman Tuhan:
Buanglah segala sesuatu yang kotor dan jahat di dalam hidup  kita. Artinya: Akuilah segala dosa kita dan mintalah ampun kepada Bapa. (I Yohanes 1:9).
Terimalah Firman dengan lemah lembut. Artinya renungkanlah kasih dan karunia Allah dalam hidup kita. Kemudian mintalah Tuhan membajak segala kekerasan hati kita, agar hati kita menjadi tanah yana baik, penuh dengan ketaatan bukan pemberontakan dan menghormatinya sebagai Firman Allah dengan hati yang lemah lembut. 
Maka saya selaku hamba Tuhan sangat yakin bahwa Firman itu akan menghasilkan buah 30. 60, bahkan 100 kali ganda.
Buah ini mungkin berupa jiwa-jiwa yang dimenangkan bagi kemuliaan Allah (Roma 1:16).
Buah pertumbuhan dalam kekudusan (Roma 6:22)
Buah kerelaan  untuk membagi miliknya untuk membantu pelayanan pekerjaan Tuhan (Roma 15:28-29)
Buah-buah segala kebajikan (Kolose 1:9-12). Seperti Yusuf.

Saudaraku, Firman Allah yang tertanam dalam di hati yang dipersiapkan akan menghasilkan buah yang banyak dan lebih banyak lagi. (Yohanes 15:1-5). Amin. BS

No comments:

Post a Comment