BUANGLAH SEGALA SESUATU YANG KOTOR (6)




“Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu. ( Yak. 1:21) 

Tema berit minggu ini “Buanglah segala sesuatu yang kotor “ dalam tema minggu ini secara etimologi dapat mengandung beberapa makna :
1. Buanglah
Merupaka kata kerja, Arti kata buanglah dari pemengalan kata bu•ang•lah , membuang; melemparkan; mengasingkan; menyingkirkan; yang dilakukan dengan sengaja. Artinya segala sesuatu yang berupa benda atau bukan benda ada pada manusia dan manusia tidak memerlukannya lagi.
2. Segala sesuatu
Kata ini dapat di pahami “hampir semuannya” merupakan kata sifat yang mengarah kepada kata dasar  “semuannya”.
3. Yang kotor
Arti Kata kotor adalah : 1. tidak bersih; kena noda: pakaian-pakaian -- harus dicuci; 2. banyak sampahnya (barang bekas, barang busuk, dsb); jorok ...

Arti kata yang ada di surat Yakobus 1 : 21 tentang buanglah segala  sesuatu yang kotor, kalimat itu tidak menunjukkan kata benda melainkan kata kerja  yang dapat diartikan ;
1. Allah memerintahkan orang percaya untuk tidak meremehkan sesuatu kekotoran dosa yang meresapi suatu masyarakat yang rusak sambil berusaha mempengaruhi mereka dan keluarganya. Kotoran ini menajiskan jiwa dan merusak kehidupan mereka (bd. Ef 4:22,25,31; Kol 3:8; 1Pet 2:1).
2. Alkitab memberitahukan kita apa yang tidak layak bagi umat Allah yang kudus. Oleh karena itu, jangan kita terlibat dalam bentuk percabulan dan kecemaran apa pun juga (Ef 5:3-4). Kita harus menyadari bahwa mengizinkan jenis kekotoran moral apa pun ke dalam kehidupan atau rumah-tangga kita, termasuk bahasa yang tidak senonoh atau kecabulan melalui video atau televisi, itu dapat mendukakan Roh Kudus karena melanggar standar Allah yang kudus bagi umat-Nya. 
3. Sebagai orang percaya, kita harus bersungguh-sungguh dalam kebenaran dan kekudusan. Rumah kita hendaknya dibersihkan dari kecemaran dan dipenuhi dengan Firman Allah dan kekudusan Kristus.
Karena Firman Tuhan harus terpisah dengan sesuatu yang kotor supaya firman itu dapat bertumbuh. Apabila firman itu bertumbuh, iman juga akan bertumbuh. ( Lukas 8: 4-15)

Bagaimana hidup kita untuk dapat membuang segala sesuatu yang kotor ?
1. Terimalah Firman dengan hati yang lemah lembut karena firman dapat membersihkan hidup kita.
2. Jangan turuti hawa nafsu. Salibkan daging
3. Jagalah kekudusan denga takut akan Allah.  
(PS)