BUANGLAH SEGALA SESUATU YANG KOTOR (7)




“Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu. ( Yak. 1:21) 


Surat Yakobus sebagai dasar perenungan kita minggu ini yang bertemakan Buanglah Segala Sesuatu Yang Kotor. Kalau kita membaca surat Yakobus ini jelas  judul  perikopnya  tentang pendengar atau pelaku Firman, artinya bahwa Yakobus ini menjelaskan  dengan memberi gambaran sekaligus pilihan kita menjadi pendengar atau pelaku firman? Maka pertanyaannya Bagaimana caranya kita membuang segala sesuatu yang kotor itu? Maka  ada beberapa point yang dapat kita renungkan minggu ini. 

a. Membuang segala kejahatan yang ada dalam hati kita. Hidup manusia dipenuhi dosa ditandai dengan mudahnya kita menjadi marah, kekecewaan, dendam, dengki, iri hati, tamak, sombong, dan lain sebagainya sehingga hati kita ini menjadi kotor dan tidak dapat menjadi persembahan yang berkenan dihadapan Allah sebab Allah meilihat hati. Maka obat yang manjur untuk mengatasi masalah diatas terdapat dalam Amsal 4:23 jagalah hati karena dari situlah terpancar kehidupan. 

b. Menanamkan Firman Tuhan dalam hati kita. Jelas dikatakan dalam Yak 1:21b dikatakan bahwa kita menerima Firman Tuhan itu dengan lemah lembut, kita tanamkan dalam hati untuk kita jadikan Firman Tuhan itu sebagai pedoman hidup. Mazmur 119:105 mengatakan Firman Tuhan itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. Ibrani 4:12 Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. Matius 4:4 Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." 

Biarlah melalui tema kebenaran Firman Tuhan minggu ini memberkati kita semua jemaat Tuhan. Be

No comments:

Post a Comment