KEBANGKITAN-NYA MENJADIKANKU PEMENANG(7)


“Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita. ( 1 Korintus  15 : 57 )  

Dalam tema berit minggu ini berkenaan dengan paskah tahun ini mengambil sebuah tema “Kebangkitannya menjadikanku pemenang“ dalam tema itu dapat di pahami secara mendalam yang dapat menjelaskan dan memberikan sebuah rhema berkenaan dengan kebangkitan dan kemenangan Kristus.

1. Pemahaman Kebangkitan.
Surat 1 Korintus mengajarkan sebuah teologi salib yang sangat dalam mencapai puncaknya pada pengakuan yang indah tentang kebangkitan Kristus dan pengharapan kebangkitan semua orang percaya. Berada "di dalam Dia" tidak hanya menentukan keadaan orang Kristen, tetapi juga masa depannya. Kebangkitan merupakan sebuah Tolak ukur dari iman Kristen karena tanpa kebangkitan iman kristen akan sia-sia disitulah Tuhan Yesus membuktikan bahwa Yesus Telah bangkit dari kematian yang artinya bahwa Yesus telah menang dari maut.

2. Kemenangan-Nya memberi kita kemenangan atas beberapa hal yang penting, yaitu:
Kemenangan atas maut (1 Korintus 15:54b-57).
Maut adalah musuh manusia yang terbesar. Maut tidak dapat dikalahkan oleh: kekayaan, kekuataan fisik, dan kepandaian otak. Ketiga hal itu biasanya digunakan oleh manusia untuk mempertahankan dan mengembangkan hidup mereka. Oleh karena itulah rasul Paulus berkata, "Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan." (Filipi 1:21)
Kemenangan atas konsep diri yang salah. 
Pemikiran sesorang akan menentukan sikap dan perbuatannya  mana kala pemikiran salah akan berakibat pada perbuatan yang salah begitu pula sebaliknya bila pemikiran manusia itu benar maka akan berdampak pada perbuatan yang benar. Oleh sebab itu pemikiran manusia hendaklah di pimpin dan di kendalikan oleh Firman dan Roh Kudus.  
Kemenangan untuk Gereja-Nya.
Maut adalah musuh yang terbesar dalam hidup manusia. Musuh yang terbesar itu tak dapat menguasai gereja Tuhan sebab didirikan di atas pengakuan "Yesus, Sang Mesias, Anak Allah yang hidup". Tidak ada suatu kuasapun yang bisa menghancurkan gereja Tuhan. Gedung gereja bisa dihancurkan, tetapi bukan persekutuan umat Tuhan. (Yohanes 11:25-26)

Jadi melalui perayaan paskah tahun ini mengajarkan kepada kita untuk kita memiliki keyakinan pengharapan akan kebangkitan Kristus, dan menjadikan sebagai umat pemenang. ( PS) 

No comments:

Post a Comment