JANGAN BERGANTUNG PADA HIKMAT MANUSIA (5)

Jumat, 8 Juli 2016

“Baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak kusampaikan dengan kata-kata hikmat yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan kekuatan Roh, supaya iman kamu jangan bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah” ( I Kor. 2:4-5)

Hikmat sangat dibutuhkan oleh setiap orang!. Khususnya dalam mengambil keputusan serta tindakan tertentu yang memerlukan pertimbangan yang matang. Penulis Amsal menyatakan, ... karena keuntungannya melebihi keuntungan perak, dan hasilnya melebihi emas. Hikmat lebih berharga dari pada permata; ...” (Amsal 3:13-15).

Dalam bagian lain, Salomo juga menggambarkan hikmat secara metaforis: Hikmat adalah perhiasan bagi lehermu (Amsal 3:22) ... hikmat menjadi karangan bunga yang indah itu bagi kepalamu, dan suatu kalung bagi lehermu. (Amsal 1:9) ... hikmat juga akan menjadi mahkota yang indah (Amsal 4:9), bahkan permata yang paling berharga (Amsal 20:15).

Ada beberapa hal penting yang dapat kita renungkan melalui nasehat Rasul Paulus dalam nats diatas : ... Jangan bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah”.

1. Percaya kepada hikmat Allah, bukan hikmat manusia!.
Percaya bahwa hikmat dari Allah itu benar, sebaliknya hikmat yang berasal dari manusia itu bisa salah. Percaya jika hikmat yang berasal dari Allah itu pasti mendatangkan kebaikan, sebaliknya hikmat dari dunia itu bisa mendatangkan hal yang buruk/jahat.

2. Menempatkan hikmat Allah diatas hikmat manusia!.
Menjadikan hikmat Allah sebagai tolak ukur segala tindakan dan keputusan!. Sedangkan hikmat-hikmat yang lain harus diuji kebenarannya dengan hikmat Allah yang kita percayai.

3. Bertumbuh dalam iman dengan hikmat Allah.
Membangun kehidupan rohani berdasarkan hikmat Allah!. Dengan cara mempelajari firman serta merenungkannya... sehingga firman tersebut akan menuntun dan memberikan pertimbangan-pertimbangan yang baik dalam rangka kita mengambil keputusan.

Saudara yang terkasih dalam Tuhan, janganlah hidupmu bergantung kepada hikmat manusia. Melainkan marilah bersama hidup bergantung dengan hikmat Allah dan kekuatanNya... Kiranya anugerah serta pimpinanNya akan selalu dinyatakan dalam kehidupan kita . Amin. NDP

 

No comments:

Post a Comment