ORANG YANG TIDAK TERTIB HIDUPNYA (5)

Kamis, 21 Juli 2016

2 Tesalonika 3 : 11

Manusia dilatih untuk hidup tertib. Di tempat bekerja, di sekolah, di kantor-kantor, di tempat-tempat umum, di jalan, dan di dalam rumah. Dimana-mana pasti ada aturan-aturan supaya setiap orang berlaku tertib. Alkitab juga mengatakan kepada orang percaya bahwa terhadap orang yang tidak tertib haruslah dihindari, pastinya tujuannya adalah supaya orang percaya tidak ikut melakukan cara hidup yang tidak tertib. Adapun ciri-ciri orang yang tidak tertib hidupnya disebutkan di dalam Alkitab, al :

1. Tidak melakukan pekerjaannya (Ayat 6) : orang yang tidak tertib adalah orang yang tidak bertanggung jawab kepada dirinya sendiri. Adalah orang yang tidak bertanggung jawab untuk hidupnya sendiri dan untuk dirinya sendiri. Orang ini tidak merawat dirinya sendiri tetapi merusak hidupnya sendiri. Sedangkan Allah menghendaki setiap orang percaya menjalankan hidupnya dengan tanggung jawabnya masing-masing seperti perumpamaan hamba yang mendapatkan talenta ( Matius 25 : 14)

2. Tidak menurut ajaran ( ayat 6) : Ini artinya orang yang tidak teratur hidupnya adalah orang yang tidak suka menurut/tidak taat/tidak patuh. Sifatnya tidak suka diatur. Sukanya melawan dan memberontak. Orang semacam ini adalah sombong dan susah diatur, ia merasa harga dirinya terlalu tinggi, merasa benar dan merasa bisa mengatur dirinya sendiri. Sedangkan Allah menghendaki setiap orang percaya untuk hidup taat kepada perintah-perintah Tuhan bukan hidup semaunya sendiri karena satu-satunya tuan adalah Allah dan hidup orang percaya harus tunduk kepada aturan Allah (1 Petrus 1 : 14)

3. Tidak mau bekerja/malas (ayat 10 ) : Orang yang tidak tertib hidupnya adalah orang yang tidak mau bekerja/malas. Orang itu hanya ingin menikmati hasilnya bukan dari hasil proses kerja keras. Orang itu tidak mau susahnya tapi hanya mau senangnya. Ciri orang yang tidak tertib hidupnya adalah orang yang malas, tidak mau bekerja, tidak mau berusaha, dan tidak mau susah. Sedangkan Allah menyuruh orang percaya untuk belajar dari sifat semut yang mau bekerja keras ( Amsal 6 : 6 )

4. Sibuk dengan hal-hal yang tidak berguna (ayat 11) : Orang yang tidak tertib hidupnya adalah orang yang sibuk melakukan hal-hal yang tidak berguna. Perbuatan dan tindakan yang terlihat pada orang-orang yang hidupnya tidak tertib adalah tidak melakukan pekerjaan yang baik untuk orang lain. Sukanya meributkan persoalan yang dicari-cari, yang bodoh/tidak bijaksana, dan sukanya meributkan persoalan yang menimbulkan percekcokan/keributan/pertengkaran (Titus 3:8-9).

Marilah hidup tertib! Karena Allah menghendaki setiap orang percaya hidup dengan tertib. (AP)

 

No comments:

Post a Comment