JANGAN BERGANTUNG PADA HIKMAT MANUSIA (1)

Senin, 4 Juli 2016

Mengapa kita tidak boleh bergantung pada hikmat manusia? beberapa jawaban dalam Firman Tuhan menyatakan kepada kita bahwa hikmat manusia hanya membawa manusia pada kesia-siaan, kejatuhan dan kerugian. Sebab hanya Tuhan yang mengerti hikmat yang aman bagi kita.

KARENA TUHAN SUMBER HIKMAT Ams 2:6 Karena Tuhanlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian. Dalam beberapa saat terlihat hikmat manusia lebih baik, lebih enak dan lebih menjanjikan, akan tetapi ujungnya akan sampai pada hal-hal yang merugiakan kita.

KARENA HIKMAT MANUSIA BERASAL DARI DUNIA Yak 3:15 Itu bukanlah hikmat yang datang dari atas, tetapi dari dunia, dari nafsu manusia, dari setan-setan. Hawa nafsu manusia seringkali mendominasi hikmat manusia. hal yang indah, baik dan menyenangkan lebih dipilih dari pada hikmat Tuhan. hal iniperlu disadari setiap waktu karena hanya dalam hikmat Tuhan kita mendapatkan hal yang membahagiakan senantiasa, tidak hanya sesaat seperti yang dunia berikan.

KARENA HIKMAT DUNIA ADALAH KEBODOHAN 1Kor 3:19 Karena hikmat dunia ini adalah kebodohan bagi Allah. Sebab ada tertulis: "Ia yang menangkap orang berhikmat dalam kecerdikannya." Seringkali kebodohan yang sudah kita ketahui dengan sengaja kita pilih dan kita jalani. Saat terbentur dengan permasalahan, kita tidak punya kemampuan apa-apa untuk menyelesaikan selain tangan Tuhan dan hikmat Tuhan sendiri jalan keluarnya.


Sebab itu pastikan bukan kesia-siaan yang menjadi hikmat kita, tetapi hanya bergantung pada hikmat Tuhan. Amin. (LGS)

 

No comments:

Post a Comment