PEMBAHARUAN YANG DIKERJAKAN OLEH ROH KUDUS (2)

Selasa, 10 Mei 2016

Titus 3:5

Saudaraku yang dikasihi Tuhan, pada saat kita orang percaya bertobat dan beriman kepada Yesus Kristus, menerima Dia sebagai Tuhan dan Juruselamatnya, berada didalam Yesus Kristus, kita adalah ciptaan baru. Inilah pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus. Jadi, kelahiran baru itu terjadi, oleh karena mereka bertobat dari dosa, dan berbalik kepada Allah, dan beriman kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya (Yohanes 1:12) berkata: disebut menjadi anak-anak Allah. Jadi pembaharuan itu meliputi peralihan hidup lama yang berdosa, kepada hidup baru dalam ketaatanNya yang ke 2 kalinya. Ketaatan disini artinya berpegang teguh kepada kebenarannya dan sadarlah bahwa hidup kita didalam Yesus Kristus telah menjadi ciptaan baru yang mau hidup bagi Allah. (Roma 6:11).

Apa yang dikerjakan Roh Kudus didalam hidup kita?.
1. Efesus 1:13 Roh Kudus itu sebagai meterai.
Meterai itu = Segel. Barang yang disegel artinya tak ada seorangpun yang bisa menyentuh barang itu tanpa izin. Demikian juga dengan hidup kita selama hidup kita tetap menjadi ciptaan baru, Roh Kudus akan menjaga kita supaya dosa tidak menyentuh kita lagi.
2. Meterai itu= Tanda kepemilikan. Artinya dengan meterai Roh Kudus didalam hidup kita maka sah-lah bahwa hidup kita ini telah menjadi milik Allah.
3. Meterai itu= Pemberian kuasa (Yohanes 1:12) otoritas, wibawa, tanda-tanda ajaib, kekuatan, ketabahan, sehingga kita merasa aman dalam pernyataan Roh Kudus yang sempurna.

Apa lagi yang dikerjakan Roh Kudus dalam hidup kita ?
1. 2 Korintus 1:21-22 Roh Kudus sebagai jaminan.
I Petrus 1:5 Jaminan pemeliharaan dalam kekuatan Allah karena imanmu. Artinya kita orang percaya yang telah menjadi ciptaan yang baru akan dilindungi dalam kekuatan Allah terhadap kekuasaan kejahatan yang akan menghancurkan kehidupan dan keselamatan kita dalam Kristus Yesus.
2. Ibrani 4:16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian (tetap percaya) menghampiri tahta kasih karunia supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya. Amin. BS

No comments:

Post a Comment