PEMBAHARUAN YANG DIKERJAKAN OLEH ROH KUDUS (3)

Rabu, 11 Mei 2016

Pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus, Titus 3:5

Karya Roh Kudus sangatlah nyata dan dasyat dalam kehidupan kita. Menyadarkan akan sebuah kehidupan yang mengarah pada kebinasaan kekal…menyadarkan sebuah kehidupan yang begitu kotor dihadapan Tuhan, menyadarkan sebuah kehidupan yang sangat membutuhkan juruselamat.

PEMBAHARUAN AWAL
Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. IIKorintus 5:17 Peristiwa seseorang menjadi percaya kepada Tuhan Yesus Kristus merupakan pembaharuan awal yang dikerjakan oleh Roh Kudus bagi orang percaya. Ini bukan hasil yang dikerjakan oleh manusia tetapi mutlak karya Roh Kudus. Sebab ada orang yang dipilih dan ada orang yang tidak dipilih oleh Tuhan. 1 Ptr 1:2 yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu.

TERUS MENERUS DIPERBAHARUI
Kol 3:10 dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya; seringkali manusia melupakan Roh Kudus yang ada dalam hati dan hidupnya. Dengan free will, kehendak bebas yang manusia miliki tidak lagi tunduk pada kendali dan pimpinan Roh tetapi ego yang selalu menjadi pusat hidupnya. Firman Tuhan terus menggingatkan kepada kita untuk memperbaharui hidup. Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Kekudusan hidup merupakan tanda pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus. Ini juga yang menjadi kehendak Tuhan atas hidup kita 1 Ptr 1:16 sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus. Percayakan hidup kita pada Roh Kudus yang sanggup memperbaharui dan menyempurnakan hidup kita. Amin (LGS)

No comments:

Post a Comment