DIMATA TUHAN SERIBU TAHUN SAMA SEPERTI HARI KEMARIN (2)

Senin, 14 November 2016

“Engkau mengembalikan manusia kepada debu,dan berkata: “Kemballah, hai anak-anak manusia!”. Sebab dimataMu seribu tahun sama seperti ari kemarin, apabila berlalu atau seperti suatu gilran jaga diwaktu malam”. ( Maz.90:3-4).

Dalam bagian ini Pemazmur ingin mengungkapkan bahwa Tuhan yang ia percayai adalah Tuhan yang Maha kuasa serta berdaulat.
Tidak saja kedaulatanya mutlak atas semua ciptaan-Nya, tetapi Tuhan juga menentukan hari-hari manusia (Kis 17:31). Nats diatas memberikan pelajaran dan perenungan penting kepada kita berkenaan dengan:
1. Seribu tahun sama dengan hari kemarin!
Dihadapan Tuhan seribu tahun itu sama halnya satu hari padahal seribu tahun itu sama dengan + 365.000 hari (menurut hitungan normal). Itu waktu yang cukup panjang bagi kehidupan manusia umumnya. Namun dihadapan Tuhan hal itu berbeda. 365.000 hari sama dengan satu hari. Rasul Petrus berkata, “ Akan tetapi saudara-saudaraku yang terkasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu bahwa dihadapan Tuhan satu hari sama seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari “(II Petrus 3:8).
2. Seribu tahun sama dengan giliran jaga diwaktu malam.
Pada bagian lain Pemazmur menggambarkan waktu seribu tahun itu sama halnya dengan waktu giliran jaga diwaktu malam. Dimata Tuhan, seribu tahun itu bukan waktu yang panjang… atau sebaliknya dihadapan-Nya waktu giliran jaga diwaktu malam hari bukan pula waktu yang pendek namun bagi Tuhan waktu itu diberikan Tuhan untuk kebaikan manusia serta untuk kemuliaan-Nya.

Saudara yang terkasih dalam Tuhan Yesus, dimata Tuhan… seribu tahun sama dengan hari kemarin dan seribu tahun sama dengan suatu giliran jaga dimalam hari. Hal itu memotivasi kita untuk senantiasa menghargai waktu Tuhan dengan tidak menunda-nunda waktu yang ada. Terlebih kita senantiasa mengisi hari-hari dengan baik serta optimal. Seperti ungkapan pemazmur, “ Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami memperoleh hati yang bijaksana. Amin. NDP

 

No comments:

Post a Comment