Misteri Hidup (6)

Jumat, 11 November 2016

“ Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: “Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung, sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok, Apakah arti hidupmu ? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap“
Yakobus 4 :13-14

Suatu hari saya diberitahu seseorang melalui telpon yang yang memberitahukan bahwa teman saya yang berinsial H meninggal dunia. Saya sangat kaget, sebab sehari sebelumnya saya bertemu dengannya. Bahkan kami saling bercanda ria bersama. Dia tidak sakit dan tidak ada keluhan apa-apa. Sehabis menunaikan sholat subuh…lalu duduk dikursi dan meninggal. Di usia yang ke 53 tahun, Tuhan sudah memanggilnya.

Hidup itu misteri!... Hal itu merupakan hak dan kedaulatan Tuhan semata. Tidak ada seorangpun yang mengetahui atas hidup serta kehidupan didalam dirinya. Ayub berkata, “Tangan-Mulah yang membentuk dan membuat aku,…dari tanah liat, tetapi Engkau hendak menjadikan aku debu kembali?”. (Ayub 10:8-9).

Melalui nast datas kita dapat pelajari serta renungkan:
1. Sadar bahwa manusia itu lemah!.
Ungkapan hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap menunjukkan bahwa manusia sangat lemah dan terbatas. Tidak ada sesuatu yang dapat dimegahkan atau disombongkan daripadanya.
2. Sadar bahwa Tuhan itu kuat!.
Sebaliknya, hanya Tuhan yang kuat, sempurna serta tidak terbatas!. Anugerahnya tidak terbatas…kuasaNya tidak terukur.. bahkan kasihNya pun tidak ternilai. Tuhan yang kekal, agung dan mulia.
3. Sadar bahwa manusia butuh Tuhan!.
Untuk itu marilah kita selalu melibatkan Tuhan dalam segala kehidupan kita!. Jangan pernah melupakan Tuhan dalam setiap perencanaan kehidupan kita. Biarlah kehendakNya, sepenuhnya memimpin serta menyertai kehidupan saudara dan saya. Amin.
NDP

 

No comments:

Post a Comment