Misteri Hidup (1)

Minggu, 6 November 2016

“ Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: “Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung, sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok, Apakah arti hidupmu ? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap “ Yakobus 4 :13-14

Minggu ini berit membahas tema berkenaan dengan “MISTERI HIDUP”. Dalam bagian perikop ini, Yakobus mengingatkan kepada orang-orang Kristen yang tersebar (diaspora) di perantauan (Yakobus 1:1) untuk senantiasa melibatkan Tuhan dalam segala kehidupan mereka. Atau dalam sisi yang lain “Jangan sekali-kali kita melupakan Tuhan dalam setiap perencanaan”.


Adapun hal tersebut, Yakobus memberikan alasan:
1. Hidup manusia sama seperti uap!. (Yakobus 4:14)
Sifat dari uap yang sebentar kelihatan dan kemudian akan lenyap… gampang berubah… dan mudah hilang/habis. Sifat yang menggambarkan sesuatu yang rentan dan lemah. Atau tidak dapat bertahan lama!. Itulah kehidupan manusia, mudah goyah, gampang berubah, serta cenderung menyerah/kalah.


2. Hidup manusia itu terbatas!. (Yakobus 4:14-15)
Banyak hal yang manusia tidak dapat ketahui. Manusia hanya dapat melihat berdasarkan alat inderanya (mata). Manusia hanya dibatasi dengan apa yang ada dalam pikirannya saja. Sementara manusia tidak tahu dengan apa yang akan terjadi besok!. Manusia juga tidak dapat memahami apa yang menjadi pikiran Tuhan untuk kehidupannya. Bahkan kehendak Tuhan saja sulit untuk dimengertinya.


3. Hidup manusia menjadi congkak!. (Yakobus 4:16).
Kecenderungan manusia ingin memegahkan diri serta menjadi sombong. Seolah-olah bisa hidup tanpa melibatkan Tuhan dalam kehidupannya!. Berjalan dengan kepikiran dan idiologinya sendiri.


Saudara yang terkasih dalam Tuhan, marilah kita merenungkan apa yang menjadi nasehat Yakobus dalam Berit minggu ini hendaklah hidup kita selalu melibatkan Tuhan dalam segala apapun yang kita perbuat. Sebab Dialah…Tuhan sumber hidup serta kehidupan saudara dan saya. Amin. NDP

 

No comments:

Post a Comment