DIMATA TUHAN SERIBU TAHUN SAMA SEPERTI HARI KEMARIN (7)

Sabtu, 19 November 2016


“Engkau mengembalikan manusia kepada debu,dan berkata: “Kemballah, hai anak-anak manusia!”. Sebab dimataMu seribu tahun sama seperti ari kemarin, apabila berlalu atau seperti suatu gilran jaga diwaktu malam”. ( Mazmur 90:3-4).

Jika kta mau merenungkan sejenak berkenaan dengan hari-hari yang kita lalui…seolah-olah berjalan dan berganti begitu cepat. Ada orang yang berkata, “Benar pak Pendeta ..waktu dan hari itu berjalan begitu cepat…tidak terasa sekarang sudah hari Minggu lagi”.
Disisi lain ada banyak orang yang sedang menghadapi pergumulan hidup mereka…masalah dan problem yang menimpanya… sementara mereka berdoa serta menunggu jawaban Tuhan… mereka berpikir bahwa hari begitu lama tuk menunggu waktu Tuhan datang menolongnya. Pemazmur berkata, “Sungguh, segala hari kami berlalu karena gemasMu, kami menghabiskan tahun-tahun kami seperti keluh”. (Mazmur 90:9).

Melalui nats diatas, kita dapat belajar beberpahal:
1. Manusia cenderung membedakan waktu yang panjang dan pendek.
Manusia berfikir bahwa 1000 tahun itu waktu yang panjang!. Panjang dalam arti menghadapipersoalan dan pergumulan. Panjang dalam arti menanti pertolongan serta jamahan Tuhan. Manusia semakin kurang sabar dalam memahami dan menunggu datangnya waktu Tuhan. Sebaliknya manusia cenderung untuk melihat waktu yang pendek. Persoalan dalam waktu yang cepat bisa selesai, pertolongan Tuhan kalau bisa dengan cara instan dapat diberikan, bahkan manusia sangat mudah untuk melupakan hal-hal besar yang Tuhan berikan kepadanya.

2. Tuhan tidak membedakan waktu panjang dan pendek.
Dihadapan Tuhan seribu tahun itu sama dengan satu hari!. Bagi Tuhan tidak melihat berapa lama masalah atau pergumulan yang dihadapi manusia, namun Tuhan mau apakah manusia mengerti dan menyadari dengan persoalan yang dihadapi membuat hati mereka berubah dan bertobat. Tuhan bisa menolong manusia dalam satu hari… satu minggu… satu bulan… satu tahun…atau sebaliknya satu jam saja!. Sebab dimata Tuhan 1 jam, 1 hari, 1 minggu, 1 bulan dan 1 tahun itu sama saja. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment