Misteri Hidup (4)

Rabu, 9 November 2016



Tidak seorangpun mengerti apa yang akan terjadi dimenit dan jam kedepan. Segala sesuatu bisa terjadi, segala sesuatu bisa kita alami. Baik itu yang mendatangkan kesukaan atau yang mendatangkan kesedihan atau kesukaran. Sampai pada hari akhir kehidupan, tidak ada seorangpun yang tahu. Inilah misteri hidup. Penting bagi kita untuk menyadari sungguh-sungguh akan misteri kehidupan ini. Bahwa kita tidak tahu dan bahwa hanya Tuhan yang tahu. So… sikap apa yang harus kita lakukan dalam menanggapi misteri kehidupan?

KUASAILAH DIRIMU 1Ptr 4:7 ¶ Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa. Menguasai diri berarti memastikan hidup kita ada dalam jalan yang benar bukan kesia-siaan. Jalan yang membawa nilai kekekalan bukan yang tidak berarti apa-apa. Jangan mudah terpengaruh dengan godaan diri sendiri, si iblis dan dunia ini.

LAKUKANLAH KEHENDAK TUHAN 1Yoh 2:17 Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya. Yang harus menjadi prinsip hidup kita adalah melakukan hanya kehendak Tuhan. membiasakan diri bercermin dengan kebenaran Firman Tuhan, maka pola hidup kita dengan sendirinya akan tertata untuk hanya melakukan hal yang Tuhan kehendaki, bukan sekali-sekali apa yang kita kehendaki.

JANGAN BERHARAP PADA MANUSIA Yes 2:22 Jangan berharap pada manusia, sebab ia tidak lebih dari pada embusan nafas, dan sebagai apakah ia dapat dianggap? Dalam menghadapi misteri kehidupan, kitapun harus tepat menentukan kepada siapa kita harus berharap. Tidak ada yang dapat dilakukan manusia lebih dari yang Tuhan lakukan. Firman Tuhan juga mengingatkan kita bahwa terkutuklah orang yang mengandalkan manusia yang hatinya jauh dari Tuhan.

Dengan ketiga hal diatas kita dapat terus mempelajari mengenai hidup sehingga kita akan semakin mengerti dan menyadari bagaimana menghadapi misteri kehidupan yang terus berlangsung dalam kehidupan kita. Amin (LGS).

No comments:

Post a Comment