MENJADI SAHABAT ALLAH (1)


Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.  ... Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.. Yoh 15:14-15

Menjadi sahabat Allah berarti menjadi pribadi yang spesial dan penting dihadapanNya. Contohnya: Abraham, ia disebut sebagai sahabat Allah karena iman yang dimilikinya sangat Teguh. (Yakobus 2:23).

Salomo dalam kitab Amsal menjelaskan akan ciri-ciri menjadi seorang sahabat. Dia berkata, “Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.” (Ams. 17:17). Bahkan Salomo juga menegaskan bahwa seorang sahabat akan lebih karib dari seorang saudara. (Ams. 18:24).

Ada beberapa hal penting yang dapat kita pelajari dan renungkan melalui nats diatas.
1. Menjadi sahabat Allah  berarti menjadi musuh dunia!. (Yakobus 4:4).
Persahabatan dengan dunia berarti permusuhan dengan Allah. Menjadi sahabat Allah harus hidup tidak kompromi dengan dosa dan dunia.  Karena jika kita mengasihi dunia dan apa yang ada didalamnya...maka kasih kita kepada Bapa tidak tidak ada lagi.( I Yoh. 2:15). “Sebab semua yang ada didalam dunia: keinginan daging, keinginan mata serta keangkkuhan hidup bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia!”. ( I Yoh. 2:16).

2. Menjadi sahabat Allah berarti berani berkorban!. (Yoh. 15:13).
Ada banyak harga yang harus dibayar untuk dapat menjadi sahabat Allah. Yesus sendiri berkata kepada murid-muridNya, “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. (Mat. 16:24).  Ada banyak contoh sebagai sahabat Allah rela menderita bahkan pengorbanan nyawanya... seperti murid-muridNya, Stefanus yang dirajam batu sampai mati (Kisah Rasul 7:56-60), dan Rasul Paulus.

Ada harga yang harus dibayar untuk dapat menjadi sahabat Allah!. Ada syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi sahabatNya... yaitu rela hidup menjadi musuh dunia dan hidup rela untuk berkorban.

Marilah Kita bersama hidup mau menjadi sahabat Allah dan bukan menjadi musuh Allah!. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment