WAJIB HIDUP SAMA SEPERTI KRISTUS (5)

Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.I Yoh. 2:6

Jalan Kristus itu adalah jalan kasih. Kebenaran Kristus itu adalah kebenaran kasih. Hidup Kristus itu adalah hidup kasih. Salah satu sikap hidup di dalam kasih adalah hidup dalam kemurahan hati. Harta terbesar yang dapat kita miliki adalah hubungan yang intim dengan Tuhan. Dan kemurahan hati adalah pintu untuk masuk ke dalam keintiman hubungan dengan Tuhan. Itulah sebabnya Iblis berusaha keras untuk menggagalkan orang percaya memiliki sikap hidup dalam kemurahan hati.

Marilah kita melihat kisah Alkitab mengenai perbuatan seorang wanita terhadap Yesus Kristus, kira-kira seminggu menjelang kematianNya. (Markus 14:3-9). Dan marilah kita melihat juga sebagian tulisan lain, yang mencatat peristiwa yang sama yaitu di dalam Yohanes 12:3-6. Perhatikan disini ada 3 bagian penting yang terdapat dalam kisah ini.”
1. Hal yang dilakukan oleh Maria.
2. Perkataan dan tindakan Yesus Kristus.
3. Orang-orang yang melontarkan Kritik.

1. Hal yang dilakukan Maria.
Yang Maria melakukan sesuatu yang luar biasa yaitu perbuatan yang indah, ia menuangkan minyak wangi yang mahal harganya senilai gaji pegawai selama 1 tahun lebih, ia menuangkannya keatas kakiNya. Kemudian membersihkan kaki Yesus dengan rambutnya sendiri sambil bersujud. Inilah wujud kasih  seorang wanita yang diberikan kepada Yesus menjelang kira-kira seminggu menjelang kematianNya.

2. Perkataan dan tindakan Yesus Kristus. Baca Markus 14:9. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia."  Ini pahala besar bagi Maria tercatat dalam Alkitab sebagai perbuatan yang baik (indah). 

3. Orang-orang yang melontarkan kritik.
a. Pengkritik ini karena belum bisa mengasihi Tuhan lebih dari dirinya sendiri.
b. Pengkritik ini munafik, karena perkataannya tidak sama dengan hatinya.
Mari kita berdoa: agar Roh Kudus memberikan kepada kita roh kemurahan hati. Tuhan Yesus berkata: “Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan.” (Matius 5:7). Amin. BS

No comments:

Post a Comment