WAJIB HIDUP SAMA SEPERTI KRISTUS (3)



Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.I Yoh. 2:6


Kata “wajib” memiliki satu pengertian keharusan yang harus di kerjakan bila tidak di kerjakan berdosa, jadi di balik kata wajib memiliki sebuah pemaknaan yang mendalam akan ada konsekwensi yang harus dipertanggungjawabkan apabila tidak dilaksanakan.
Kata “Hidup” dapat di pahami mengenai kehidupan yang berhubungan dengan fisik misalnya bergerak, bernafas, berjalan, berlari dll. Kata hidup juga memiliki pengertian suatu kehidupan yang ada hubungan dengan spiritualitas ( rohani ). Dua pengertian kata hidup inilah  akan berdampak pada kehidupan, baik secara pribadi maupun berdampak terhadap pihak-pihak lain dalam hal ini sesama dan Tuhan.

Kata “ sama seperti Kristus” kita diingatkan satu ayat di dalam kitab perjanjian lama ( Kejadian 1 : 26 ) “ Berfirmanlah Allah : Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, ...” dalam hal ini Tuhan menciptakan manusia laki-laki dan perempuan  keduannya diciptakan Allah menurut gambar dan rupa  Allah, berdasarkan gambar ini, mereka dapat bersekutu dan dapat mencerminkan kasih, kemulyaan dan kekudusannya, mereka harus melakukannya dan menaatiNya. Manusia memiliki keserupaan moral dengan Allah, karena mereka tidak berdosa dan kudus, memiliki hikmat, hati yang mengasihi dan kehendak untuk melakukan yang benar, mereka hidup dalam persekutuan pribadi dengan Allah yang meliputi ketaatan moral. 

Jadi kata “sama seperti Kristus” hidup orang percaya harus memiliki karakter Kristus, kasih Kristus, moralitas Kristus dll. Mengapa karena karena kita adalah surat-surat yang terbuka ( 2 Korintus 3 : ayat 2 dan 3 ) “Kamu adalah surat pujian kami yang tertulis dalam hati kami dan yang di kenal dan yang dapat di baca oleh semua orang , karena telah ternyata, bahwa kamu adalah surat Kristus, yang di tulis oleh pelayanan kami, di tulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup yang hidup bukan pada loh-loh batu melainkan pada loh-loh daging yaitu di dalam hati manusia “                                 
Oleh sebab itu hidup menjadi murid Yesus lakukan apa yang Tuhan Yesus, Tuhan Yesus berkata ( Lukas 9 : 23 ) “ katanya kepada mereka semua “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku “ (PS)