SERAHKANLAH SEGALA KEKUATIRAN KEPADA TUHAN (3)


Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah. Mzm 55:23

Serahkanlah Segala Kekuatiran Kepada Tuhan (MAZ. 55:23). Hidup kita tidak pernah lepas dari pergumulan, Tuhan mengijinkannya bukan karena Ia mau kita ada dalam masalah melainkan supaya kita menjadi dewasa didalam iman. Berit dalam minggu ini mengajar dan mengajak kita untuk memahami tentang keyakinan didalam Tuhan, bahwa sesungguhnya Tuhanlah jawaban dari keraguan dan kekuatiran orang orang benar. Tema berkenaan dengan Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada Tuhan adalah hal penting untuk kita tahu. Ada beberapa pokok penting berkenaan dengan itu.

Mengapa perlu kita menggantungkan kekuatiran kita kepada Tuhan? 
1. KARENA TUHANLAH YANG MEMELIHARA HIDUP KITA (ayat 23). Pemeliharaan Tuhan bagi orang benar sangat terbukti dan tidak diragukan lagi, yang menjadi persoalanya adalah sejauh mana kita percaya dan bergantung kepada Tuhan. Adakalanya  disaat kita dibungkus dengan kekuatiran serta keraguan kita lebih mencari jalan sendiri seakan kita merasa kuat dan mampu mengatasinya, adakalanya juga kita justru mencari solusi yang bersumber dari kegelapan. Semua itu hanya sia sia dan menjadikan kita semakin jauh dari Tuhan, serta diperbudak oleh dosa dan kuasa kegelapan. Hari ini kita diingatkan bahwa Tuhanlah pemelihara hidup kita dan jika ia yang memelihara makan semua pergumulan yang berujung pada kekuatiran semua itu ada dalam tanggung jawabnya Tuhan.

2. KARENA KITA ADALAH HAMBA KEBENARAN (ayat 23) Firman Tuhan dalam pembacaan kita disaat ini jelas dikatakan bahwa "Tidak untuk selama-lamanya dibiarkanNya orang benar itu goyah" ini merupakan janji Tuhan bagi orang yang hidup dalam kebenaran. Kita akui bahwa hidup dalam berbagai pergumulan itu wajar dan itu biasa, namun yang menjadi luar biasa adalah Kekuatan serta Pertolongan dari Tuhan jauh melebihi semua masalah dan kekuatiran. Sehingga kita dibuatNya mampu bertahan dalam situasi sulit sekalipun, dan menjadikan kita lebih dari seorang pemenang. Itulah janji dan kasih Tuhan bagi kehidupan orang benar. Jadilah hamba kebenaran yang berorientasi pada Kebenaran Kristus maka kekuatiran akan menjadi pemberkatan Allah.

Biarlah melalui dua poin diatas kita semakin diyakinkan dan semakin dimantapkan untuk melihat keyakinan dibalik Kasih dan PemeliharaanNya, serta terus memandang Yesus karena Yesus jauh melebihi kekuatiran dan keraguan kita. Amin. (angel)