SETIALAH BERIBADAH (2)




Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu.
1Sam 12:24

Saudara yang terkasih dalam nama Tuhan Yesus,  tema berit kita minggu ini berbicara tentang setialah beribadah.  Beribadah sering kita artikan sebagai kegiatan gerejawi tetapi pada jaman Perjanjin Lama ibadah diartikan dalam  bahasa Ibrani digunakan kata abed (dboĆ„) yang berarti bekerja seperti seorang budak, atau mengabdi kepada seorang raja, atau melayani dalam fungsi keimaman  Sedangkan dalam Perjanjian Baru digunakan kata dalam bahasa Inggris “to worship” yang artinya “menyembah” (Matius 15:9). Maka pertanyaanya mengapa kita harus setia beribadah kepada Allah.?
Kesetiaan sebagai bukti ucapan syukur: Ibadah yang dilakukan dengan setia dan hati yang penuh pengucapan syukur besar manfaat atau faedah bahkan keuntungannya (1 Tim. 6:6). kesetiaan beribadah membuat sikap sosial kita dibangun dengan baik. Dalam ibadah ada take and give: pertama antara kita dengan Tuhan, dan yang kedua antara kita dengan saudara seiman.

Dia Allah setia: Kita renungkan hidup kita hari lepas hari yang boleh kita rasakan kebaikan dan kemurahan Tuhan  itu melambuktikan bahwa Dia Allah yang lebih dahulu setia kepada umatNya oleh sebab itu Samuel memperingatkan agar bangsa Israel setia kepada Allah. Jadi Allahlah yang lebih dulu setia kepada kita, kemudian kita juga setia kepada-Nya, maka Ia akan lebih lagi menyatakan kesetiaan-Nya (Mazmur 18:26). 

Kesetiaan memperoleh Kehidupan Kekal: kesetiaan sampai mati menghasilkan upah yang kekal, yaitu mahkota kehidupan (Wahyu 2:10). Jemaat Smirna saat itu harus menghadapi tantangan. Banyak di antara mereka menjadi syuhada (martyrs) karena kesetiaan mereka beribadah kepada Tuhan. Orang yang setia beribadah mengalami banyak penderitaan (2 Tim. 3:12). Saat ini pun banyak tantangan dalam mempertahankan kesetiaan kita. Namun jika kita tetap setia, upah yang kekal telah tersedia. 
Terlebih ibadah yang setia karna kita butuh dan perlukan Tuhan setiap waktu. Amin... (Be).

No comments:

Post a Comment