WAJIB HIDUP SAMA SEPERTI KRISTUS (1)



“Tetapi barangsiapa menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia. Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.
I Yoh. 2:5-6

Berit minggu ini membahas tema berkenaan dengan “Wajib Hidup Sama Seperti Yesus!”. Hidup menjadi sama seperti Kristus merupakan kehendak Bapa. Yesus berkata, “Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."  (Mat. 5:48). Rasul Paulus juga menegaskan kepada orang-orang di Roma, “Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.”.  (Roma 8:29).

Rasul Yohanes mendorong orang-orang percaya kepada Kristus dan yang telah menjadi anak-anakNya untuk wajib hidup sama seperti Kristus.  Karena hal itu sebagai bukti jika kita sungguh-sungguh mengenal Allah. Ada beberapa tanda jika kita mau hidup seperti Kristus. 
1. Hidup menuruti perintah-perintahNya!. (I Yoh. 2:3).
Dengan melakukan setiap firmanNya maka kita semakin mengenal Dia. Dan kebenaran akan memenuhi kehidupan kita. Sebab Kristus juga selalu melakukan apa yang menjadi kehendak Bapa di Sorga!. (Yoh.5:30). Yesus juga berkata, Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku. (Yoh. 6:38).

2. Hidup didalam kasihNya!. (I Yoh. 2:5). 
Hidup sama seperti Kristus berarti kita mau hidup lebih mengenal Dia...dengan cara mau hidup tinggal didalamNya. Yesus berkata, “Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu.” ( Yoh. 15:9). 
Saudara yang terkasih di dalam Tuhan, kita diciptakan Allah serupa dan segambar denganNya. (Kej. 1:26,27). Dihembuskan rohNya ke dalam  tubuh kita, sehingga kita menjadi makhluk yang hidup (Kej. 2:7). Untuk itulah Tuhan mau supaya sudara dan saya wajib hidup sama seperti Kristus. Paulus berkata, Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya. (Efesus 2:10). Amin. NDP

No comments:

Post a Comment