KAMU ADALAH SAHABATKU (3)

Selasa, 28 Juni 2016

“… Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.
(Yoh. 15:13-15)

Sahabat itu adalah orang yang memiliki hubungan karib dengan Allah.

  1. Sahabat itu tidak takut terhadap orang yang bisa membunuh tubuh dan kemudian tidak dapat berbuat apa-apa lagi. Tetapi sahabat itu hanya takut kepada yang bisa membunuh tubuh yang setelah itu mempunyai kuasa untuk melemparkan orang ke dalam neraka.
  2. Sahabat itu ialah yang melakukan kehendak Bapa yang disurga.
  3. Sahabat itu ialah yang menaruh kasih setiap waktu kepada Allahnya.
  4. Sahabat itu seperti apa yang dikatakan Alkitab : Yakub 2:23 “Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: "Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran." Karena itu Abraham disebut: "Sahabat Allah."

 

Yohanes 15:14 sebagai thema minggu ini berkata : “Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.”


Sekarang, kita tahu bahwa kitalah sahabat-sahabat Allah sebab kita percaya kepadaNya meneladani Abraham Bapa orang beriman. Sebagai sahabat Allah kita harus percaya bahwa Dia akan selalu setia menyertai kita senantiasa. Jangan bersedih, seakan-akan tidak ada yang peduli pada penderitaan kita. Percayalah kepadaNya bahwa Dia yang telah menyatakan kasihNya terbesar  buat kita yaitu kasih seorang yang telah memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatNya.
Kepada Abraham Allah menjanjikan suatu negeri, bangsa yang besar melalui keturunannya, dan suatu berkat yang akan mempengaruhi suatu bangsa dibumi (Kejadiaan 12:2-3). Dalam PB. Galatia 3:13 berkata: “Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!". Ayat 14 nya : “Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.”


Juga karena Abraham disebut sahabat Allah, rahasiaNyapun diberikan kepada Abraham. Ingat waktu Allah mau menghukum dan menghancurkan negeri Sodom dan Gomora, rahasia ini diberitahukan kepada Abraham lebih dahulu sebagai sahabat Allah. Lalu Abraham ingat kepada keponakannya yang ada di negeri Sodom dan Gomora. Lalu karena belas kasihan Allah Lot boleh diselamatkan.
Kalau kita menjadi sahabat Allah, maka kedatangan Yesus yang ke 2X nya tidak akan dirahasiakan kepada kita. Perhatikan Yohanes 15:15. Perkataan Yesus sendiri: Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, … Amin. BS

 

 


No comments:

Post a Comment