PENGHARAPAN YANG TERKANDUNG DALAM PANGGILANNYA (5)

Jumat, 24 Juni 2016

Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, Efesus 1:18

Sebenarnya semua orang dipanggil oleh Tuhan. Tetapi tidak semua orang bisa meresponi panggilan Tuhan dengan benar. Sehingga banyak orang yang tidak mengerti panggilan Tuhan dan akhirnya banyak yang mengabaikan panggilan Tuhan itu dan menikmati kehidupannya dengan keputusan dan kehendaknya sendiri yang hanya menuju kepada sesuatu hal yang tidak menentu. Firman Tuhan menyebutkan di dalam doa Paulus :”…. Supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar. Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang..agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilanNYA.. ” (Efesus 1 : 17 – 18). Setiap kita membutuhkan Roh Hikmat dan wahyu dari Tuhan supaya kita bisa mengenal Dia dengan benar karena di dalam pengenalan itu kita akan dibuatNya mengerti dan sungguh-sungguh memahami PENGHARAPAN YANG TERKANDUNG DALAM PANGGILANNYA. Kita akan mengerti bahwa pengharapan yang terkandung dalam panggilanNya disebutkan oleh Paulus :


1. Betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukanNya bagi orang-orang kudus.
2. Betapa hebat kuasaNya bagi kita yang percaya
3. Yesus yang berkuasa atas segala penguasa manapun diberikanNya kepada jemaat.. jemaat yang adalah tubuhNya yaitu kita yang percaya kepadaNya.


Kita dipanggil untuk menjadi bagian orang-orang yang mendapatkan kekayaan kemuliaan Tuhan. Kita dipanggil untuk mendapatkan bagian kuasaNya menaklukan segala penguasa yang ada di muka bumi ini. Kita dipanggil untuk menerima kehebatan kuasa Tuhan dalam menyelamatkan kita. Tetapi semua ini hanya bisa dipahami dan mengerti bila kita mau membuka hati kita untuk Tuhan dan merelakan hidup kita senantiasa mendekat kepadaNya dan mengenalNya.

Ketika kita percaya kepadaNya, Janganlah menyerah. Jangan putus asa. Tetaplah setia mengikutiNya. Tetaplah taat kepada kehendakNya. Apapun tantangan yang kita hadapi terimalah panggilan Tuhan dengan setia dan kerelaan dan jangan pernah mengingkari panggilan Tuhan. Percayalah! Semakin kita setia berjalan bersama dengan Tuhan, kita akan semakin mengalami bahwa 3 pengharapan yang terkandung dalam panggilan Tuhan yang disebutkan Paulus tersebut akan terjadi dalam kehidupan panggilan kita. Semakin kita teguh berpegang kepada pengharapan panggilan Tuhan, kita akan semakin menikmati bagaimana kehebatan kuasaNya dan betapa kayanya kemuliaan Tuhan di dalam kehidupan kita. Jadi, dekatkan hati kita kepada Tuhan sampai kita sungguh-sungguh mengenal Dia sehingga kitapun akan semakin mengerti dan semakin berpegang kepada PENGHARAPAN YANG TERKANDUNG DALAM PANGGILAN TUHAN. (Wn)

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment