PEKERJAAN ORANG AKAN DIUJI (5)

Jumat,10 Mei 2016

1 Korintus 3 : 10-15

Marilah kita membangun rumah rohani kita dengan mengikuti teladan Paulus dalam I Korintus 3:10-15 ini.

Ayat 10 Paulus menyebut dirinya sebagai seorang ahli bangunan yang cakap oleh kasih karunia Allah. Artinya Paulus itu bukanlah seorang pekerja yang sembarangan dan kemampuan dalam bidangnya tidak dapat diragukan lagi. Paulus menegaskan bahwa yang paling penting dalam mendirikan bangunan itu ialah meletakkan fondasi, itu harus menjadi perhatian pertama dan yang terutama.

Ayat 11 Paulus meletakkan fondasinya diatas dasar Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya.

Ayat 12 Ada 6 macam material bangunan yang digolongkan ke dalam 2 kategori.
Kategori pertama, emas, perak dan batu permata yang bernilai tinggi dan abadi. Kategori ini akan tahan uji, apabila kelak teruji dengan api, akan semakin nampak kemurniannya. Ketiga bahan bangunan diatas menunjuk kepada kebenaran Firman Allah yang menghasilkan hikmat Allah yang bekerja didalam kehidupan kita.

Kategori kedua adalah kayu, rumput kering, dan jerami, bahan ini diategorikan sebagai bahan bangunan yang bersifat fana yng sangat mudah terbakar oleh api. Kwalitas material yang fana ini menunjuk kepada hikmat duniawi yang akan merusak diri kita sebagai Bait Allah. Dalam hikmat duniawinya manusia akan merancangkan kesia-siaan.
Hikmat dunia menunjuk kepada segala sesuatu yang bukan bersumber dari firman Allah, dan orang ini akan mengalami kerugian yang tidak ternilai keadaannya, digambarkan seperti dalam api (ayat 15) karena tidak akan mendapat upah dari jerih lelahnya.

Mintalah hikmat dari atas setiap saat, supaya kita dapat membangun rumah rohani dengan material yang bernilai kekal diatas fondasi yng tepat yaitu Yesus Kristus. Apabla ujian datang menimpa kita, maka bangunan rohani itu tetap kokoh ( Matius 7:24-27). Amin. BS

 

 

No comments:

Post a Comment