Terimalah Satu Akan Yang Lain (6)

Sabtu, 18 Juni 2016

Roma 15:7 Sebab itu terimalah satu akan yang lain, sama seperti Kristus juga telah menerima kita, untuk kemuliaan Allah.

Menjadi orang percaya artinya masuk dalam keluarga Kerajaan Bapa di sorga. Dan semua orang-orang percaya di muka bumi ini telah menjadi satu di dalam keanggotaan Kerajaan Allah. Itulah sebabnya setiap orang percaya diwajibkan untuk bersatu dan saling menerima satu dengan yang lainnya. Adapun saling menerima satu dengan yang lain itu artinya al:

a. Terimalah perbedaan
Setiap orang percaya digambarkan seperti anggota tubuh yang berbeda-beda jenis, sifat dan fungsi, tetapi tubuh dapat berjalan dengan baik karena masing-masing anggota yang berbeda-beda itu diikat menjadi satu, tidak terpisah dan tidak dikuasai oleh kelompok yang sejenis.

1. Dari perbedaan setiap orang percaya dapat saling belajar, saling melengkapi dan saling menasehati supaya yang kuat dapat menguatkan yang lemah dan yang lemah dapat memberi diri untuk dibantu memperbaiki dirinya (Efesus 4 : 12).
2. Dari perbedaan supaya dapat saling mempertajam kualitas orang percaya (Amsal27 : 17)
3. Perbedaan bukan untuk saling menghakimi, bukan untuk saling mencari-cari kesalahan, dan bukan untuk saling menjatuhkan (Roma 14 : 13) Perbedaan itu pasti ada dan pasti ditemukan dalam kelompok orang Kristen. Tetapi semua orang percaya wajib saling menerima perbedaan yang ada.

b. Terimalah orang yang bersalah
Terimalah orang yang bersalah dengan mau mengampuni dan memaapkan kesalahannya. Perlu disadari bahwa tidak ada satupun orang yang tidak pernah melakukan kesalahan. Apapun kesalahan dan dosa orang, setiap orang percaya wajib untuk mengampuni dan memaapkan. Kasih adalah dasar yang kuat untuk dapat saling menerima satu dengan yang lain (Kole3 : 14).

c. Terimalah karena ketaatan
Alasan saling menerima yang lain haruslah karena ketaatan kepada kehendak Tuhan. Untuk menyukakan hati Tuhan bukan untuk kesenangan pribadi dan bukan untuk mencari keuntungan pribadi (Roma 15 : 1)

Marilah setiap orang percaya saling menerima perbedaan. Marilah saling menerima orang yang bersalah. Dan untuk dapat menerima satu dengan yang lain marilah lakukan karena ketaatan kepada kehendak Tuhan. (AP)

 

No comments:

Post a Comment