PENGHARAPAN YANG TERKANDUNG DALAM PANGGILANNYA (2)

Selasa, 21 Juni 2016

Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, Efesus 1:18

Dalam bagian ini Paulus mendorong orang-orang kudus di Efesus untuk hidup memiliki pengertian berkenaan dengan kemuliaan Kristus. Paulus berdoa untuk mereka agar Allah mencurahkan Roh hikmat serta wahyu untuk mengenal Dia dengan benar!. Sehingga hati mereka menjadi terang serta kemuliaan Kristus akan senantiasa terpancar dalam kehidupan mereka.

Terlebih itu pengharapan di dalam Kristus menjadi kuat dan besar memenuhi hidupnya. Pengharapan sebagai anak-anakNya!..., pengharapan kepada setiap janjiNya!..., pengharapan akan kehidupan saat ini, bahkan sampai kepada kehidupan yang akan datang!. Semuanya itu mampu mewarnai dan mendominasi kehidupannya.
Akibatnya, kita menjadi lebih antusias dan bergairah ditengah-tengah penyangkalan diri serta memikul salibNya dalam rangka mengikut Yesus.

Saudara yang terkasih dalam Tuhan, dari ayat 18-19 yang kita baca dan pelajari… kita dapat menemukan dua pengharapan yang terkandung dalam panggilanNya. Kedua pengharapan itu sudah di kerjakan di dalam Kristus melalui salib hingga kenaikanNya ke sorga (Efesus 1:20).

1. KemuliaanNya melimpah diberikan kepada anak-anakNya (Efesus 1:18).
Karya Yesus di atas kayu salib membuat Bapa sangat meninggikanNya!. Dan memberi kepadaNya nama di atas segala nama… supaya semua yang di bumi dan disorga memuliakanNya. KemuliaanNya itulah juga yang menjadi jaminan bagi saudara dan saya. Disatu sisi kita hidup dalam tantangan dunia yang jahat, namun kita percaya kemuliaanNya mampu untuk selalu tersedia bagi kita. Sehingga kita akan kuat dan mampu untuk menghadapi setiap persoalan.

2. KuasaNya disediakan bagi orang percaya (Efesus 1:19).
Tidak saja kuasa untuk menjadi anak-anak Allah (Yoh. 1:12), namun juga kuasa untuk menjadi saksiNya (Kisah 1:8). Bahkan kuasa-kuasa yang lain: kuasa untuk mengusir setan, kuasa untuk menyembuhkan orang sakit, dan kuasa lainnya (Markus 16:17-18). Amin. NDP

 

No comments:

Post a Comment