ANAK ALLAH YANG MAHATINGGI (6)


“Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya," (Lukas 1:32)

Malaikat yang memberitahukannya kepada Maria, bahwa Maria mendapat kasih karunia Allah untuk melahirkan seorang anak laki-laki yang harus dinamainya Yesus “Anak Allah Yang Maha Tinggi”. Dan Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Maha Tinggi akan menaungi Engkau, sebab anak yang akan kau lahirkan disebut kudus. Anak Allah.
Kisah Rasul 2:36. Dalam Khotbahnya pada hari Pentakosta Petrus berkata: “Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."  Kata Tuhan dari kata Yunani  kurios (Kyrios) yang sebagai kata sifat yang artinya adalah hebat, kuat, yang kemudian diartikan juga mempunyai kuasa atau diberi kuasa atau diberi wewenang. Sebagai kata benda, kurios mempunyai 2 arti penting yang harus kita fahami sehubungan dengan Yesus yang dijadikan kurios atau Tuhan bagi kita yang percaya kepadaNya.

Arti yang pertama 
Dari kata kurios adalah pemilik. Artinya: Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat. (I Pet. 1:18-19). Jadi, hidupku dan hidupmu itu bukan menjadi milik kita sendiri lagi tetapi menjadi milik Kristus. Muliakanlah Allah dengan hidupmu.

Arti yang ke dua dari kata kurios adalah pelindung. Artinya: Kita tahu, bahwa setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa; tetapi Dia yang lahir dari Allah melindunginya, dan si jahat tidak dapat menjamahnya.(I Yoh. 5:18). Yesus melindungi dan menaungi kita orang-orang percaya sebagai mempelai laki-laki melindungi dan menaungi gerejaNya.

Yesus ditentukan untuk menjadi Kristus. Artinya yang diurapi. Diurapi sebagai Nabi (Penyambung lidah Allah). Sebagai Imam. Menjadi perantara antara manusia dengan Allah. Menjadi Raja. Nanti, bukan sekarang, pada waktu Yesus datang untuk ke 2 kalinya. Setelah Ia menghancurkan musuh-musuhnya, Ia akan mulai memerintah selama 1000 tahun sebagai Raja diatas segala Raja memerintah bersama mereka yang menang, setia sampai akhir. Amin. BS

No comments:

Post a Comment