KASIH-NYA MEMBUAT PENGHARAPAN TAK TERBATAS (3)



I Kor. 13:8

Kasih Tuhan itu kekal karena Dia kekal. Kasih Tuhan itu tidak berkesudahan (Tidak pernah berakhir) membawa pengharapan yang tak terbatas. Marilah di dalam Natal 2017 ini merenungkan kasihNya dalam 3 hal:

Pertama. Dia menciptakan manusia, dan dijadikannya seperti diriNya sendiri (Gambar Allah) Kejadian 1:27. Karena umat manusia adalah puncak ciptaanNya. Bahkan di dalam Mazmur 8:6 berkata: “Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat (kehormatanNya)”.

Kedua. Dia menghendaki manusia dapat mempertahankan hidupnya dengan kuasa kasihNya. Didalam Nehemia 9:6 berkata: "Hanya Engkau adalah TUHAN! Engkau telah menjadikan langit, ya langit segala langit dengan segala bala tentaranya, dan bumi dengan segala yang ada di atasnya, dan laut dengan segala yang ada di dalamnya. Engkau memberi hidup kepada semuanya itu dan bala tentara langit sujud menyembah kepada-Mu”. Paulus juga berkata didalam Kolose 1:16. Karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Artinya kasihNya itu bukan hanya memberi kehidupan kepada kita, tetapi kasihNya juga memelihara hidup kita. Namun sayang manusia itu tidak taat kepada Tuhan sehingga jatuh dalam dosa. 

Ketiga. Saat manusia jatuh dalam dosa, ia menebus dosa manusia dengan harga yang tinggi, diatas kayu salib. (2 Kor.5:15, 2 Petrus 3:9). Diatas kayu salib Kristus telah menjadi korban kehendak Bapa. Membuka jalan bagi penebusan dosa manusia, menjadi pembenaran, menjadi keselamatan, menjadi pendamaian, menjadi pengudusan yang sempura, menjadi jalan bagi kehidupan yang baru agar manusia yang percaya memiliki karakter illahi, menjadi milikNya, menjadi muridNya didalam Kristus Yesus dan menjadi mempelaiNya (wanitanya) yang sedang menanti mempelai prianya yaitu Yesus Kristus yang akan datang ke 2 kalinya. Inilah pengharapan iman orang percaya didalam Kristus Yesus yang setia. 

Sungguh kasihNya itu memulihkan dan membawa pengharapan yang tak terbatas. Amin. BS