MENJADI SAHABAT ALLAH (5)

Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.  ... Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.. Yoh 15:14-15

Minggu ini  Berit membahas tema berkenaan dengan “Menjadi Sahabat Allah”.  Arti sahabat adalah orang ketiga dalam kehidupan manusia selain orang tua dan saudara. Sahabat merupakakan orang yang sangat dekat dengan kita...layaknya seorang saudara (bahkan bisa melebihi seorang saudara).  Ada pendapat yang berkata, “ Sahabat juga bisa diartikan sebagai orang yang bisa paling jujur diduna”. Hal itu didasari rasa saling kepercayaan yang tinggi dan pengertian yang tinggi tidak saling menyakiti perasaan satu sama lain. 

Pernyataan Yesus dalam Injil Yohanes menunjuk pada konteks “Perintah supaya saling mengasihi”. Pada bagian itu Yesus menegaskan supaya mereka hidup saling mengasihi!. 

Ada 2 hal penting yang dapat kita pelajari serta kita renungkan melalui nats diatas berkenaan dengan tema Berit:
1. Sebagai sahabat Allah harus menuruti perintahNya!. ( Yoh. 15:14).
Salah satu perintahNya adalah agar kita hidup saling mengasihi. Mengasihi seorang kepada yang lain tanpa pamrih...mengasihi dengan tulus dan segenap hati,...mengasihi sebagaimana Tuhan juga mengasihi kita. Dengan hidup saling mengasihi maka Tuhan akan berkenan dan bersuka cita. Masih banyak peritahNya, marilah kita sebagai sahabatNya hendaklah mau hidup dengan menuruti segala perintahNya, perintah-printahNya itu tidaklah berat!. ( I Yoh. 5:3). 

2. Sebagai sahabat Allah akan mengerti rahasia Allah (Yoh. 15:15.
Yesus berjanji akan memberitahukan kepada saudara dan saya perihal rahasia hidup yang telah diterimaNya dari Bapa di sorga. Tidak ada hal-hal yang tersembunyi...semuanya akan diberitahukan kepada kita.

Saudara yang terkasih didalam Tuhan Yesus, sungguh sukacita serta bahagia saudara dan saya boleh menjadi sahabat-sahabat Allah!. Tidak saja kita akan menjadi pribadi yang dekat dengan Dia...bahkan kita pasti akan menjadi orang-orang yang paling dikasihiNya. Menjadi sahabatNya, berarti menjadi milik serta kesayanganNya. Biarlah kita boleh menjadi sahabat-sahabatNya yang selalu menuruti perintahNya serta mampu memperkenanNya. Amin. NDP.

No comments:

Post a Comment