KAMI DATANG UNTUK MENYEMBAH DIA (6)



Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia." (Mat. 2:1-2)

Berit minggu ini membahas tema berkenaan dengan “Orang Majus Datang Untuk Menyembah Yesus”. Dalam Tradisi Kristen, Orang Majus atau “Orang Bijaksana” atau “Raja-raja dari Timur”. Dalam bahasa latin Orang Majus disebut ”Orang Magus”. Mereka dianggap oleh banyak orang sebagai pribadi dari Kerajaan Media (Pendeta Zoroastrian). Mereka juga orang-orang yang sangat memahami dunia astrologi dari persia kuno. 

Dalam Injil Matius diceritakan bahwa mereka datang dari Timur tuk menuju Yerusalem. Mereka berjalan dengan mengikuti tanda bintang (Bintang Natal). Mereka juga datang dengan membawa hadiah emas, kemenyan dan Mur) tuk dipersembahkan kepada bayi Yesus. Bahkan kedatangannya untuk menyembah Yesus yang berada di palungan.

Dalam tradisi syria, menyebut tiga nama orang Majus: Larvanadad, Hormisdas dan Gusnasaf. Sedangkan dalam tradisi Armenia  hanya menyebut dua nama, yaitu Kagba dan Badadilma. Bahkan dalam tradisi Eropa, orang-orang Majus itu disebut dengan “Para Tiga Raja” yang bernama Baltasar, Melkior dan Kaspar.

Sedangkan seorang bapa gereja yang bernama “Origanes” merupakan orang pertama yang mempergunakan nama-nama diatas. Dan baru abad ke 6, kisah tentang para Majus itu muncul sebagai kisah yang menarik serta populer.

Sikap orang-orang Majus ini patut menjadi pelajaran dan perenugan bagi hidup kita. Memiliki motifasi yang benar serta keyakinannya yang besar. Mereka berjalan tanpa lelah serta putus asa untuk berjumpa dengan Yesus. Bahkan kerendahan hati serta kedatangannya ditujukan melaui sikapnya dengan menyembah bayi Yesus. Bahkan merekapun akhirnya mencari jalan lain untuk tidak menemui Herodes.

Saudara yang terkasih, minggu ini kita bersama telah memasuki bulan Desember. Bulan penting bagi kita tuk memperingati dan merayakan Natal. Marilah kita bersama memberi hati seperti para Majus, datang menyembah dengan hati yang tunduk dan tulus kepada Yesus. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment