TUHAN MEMPERHATIKAN KERENDAHAN HAMBANYA (2)




Lalu kata Maria: "Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia, karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku dan nama-Nya adalah kudus., Lukas 1:46-49

Berit mingu ini menbahas tema berkenaan dengan “Tuhan memperhatikan kerendahan hati Maria”. Peran Maria dalam kelahiran Yesus sangatlah besar! Dia adalah seorang yang dipakai Allah untuk melahirkan Yesus. Allah berkenan memberikan kasih karunia-Nya sebagai ibu Yesus.

Ada beberapa hal penting yang dapat kia pelajari serta renungkan memalui tema diatas
1. Jiwa Maria memuliakan Tuhan (ay.46)
Pengalaman sebagai seorang perawan untuk melahirkan bayi Yesus bukanlah sesuatu yang mudah dan tanpa resiko. Maria siap untuk dipisahkan oleh tunangannya Yusuf. Maria rela untuk menanggung aib dari wanita-wanita lainnya bahkan berkenan untuk dikucilkan dan dirajam batu siap untuk diterimanya. Namun semuanya itu tidaklah membuat jiwanya lemah dan lesu. Namun Maria tetap bersemangat untuk dipakai Tuhan.

2. Hati Maria bergembira didalam Tuhan (Ay.47)
Dalam nyanyian pujiannya, Maria mengungkapkan bahwa hatinya sangat bergembira karena Tuhan berkenan memilihnya untuk melahirkan bayi Yesus. Maria sadar dirinya bukanlah satu-satunya wanita yang paling baik... paling saleh... paling pandai... dan paling hebat !. Tuhan justru memakainya untuk menjadi ibu Yesus. Hal itulah yang menjadikan hatinya tetap bergembira di dalam Tuhan.

Saudara yang terkasih didalam Tuhan, Tuhan itu tidaklah melihat rupa... melainkan hati kita. Sebagaimana Tuhan memperhatikan hati Maria, demikian juga kiranya Tuhan berkenan melihat hati saudara dan saya, sehingga Tuhan berkenan memberkati hidup kita... Sebab Tuhan telah memperhatikan kerendahan hati saudara dan saya. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment