Menyalibkan Daging (6)


Jumat, 14 April 2017

Galatia 5:24 “Barang siapa menjadi milik Kristus Yesus,ia telah menyalibkan daging  dengan segala haw nafsu dan keinginannya.

Ada dua  nuts diatas yang perlu digaris bawahi yaitu Milik Kristus dan  Menyalibkan Daging. Menyalibkan daging artinya, menjauhi larangan Nya. Salib dalam bhs aslinya “Stauroo” artinya menyulakkan ,menghukum.  jadi menyalibkan daging berarti mengekang  yang ditimbulkan karena kedagingan.

       1. Daging :”Sarx” :Hawa nafsu –Keinginan Daging, menggambarkan manusia yang terikat, apabila dibiarkan manusia itu tidak dapat lepas dan tetap terikat, kalau dengan kemampuan sendiri manusia tidak akan mungkin dapat menolong dirinya.  Ciri manusia yang hidup didalam keinginan daging adalah orang yang hanya mencukupkan diri dengan hidupnya yang hanya berpusat pada diri sendiri.

        kehidupan yang berorientasi pada keinginan daging adalah yaitu: Percabulan ,  Kecemaran , Hawa nafsu,  Penyembahan berhala, Sihir, Perseteruan, Perselisihan, Iri hati,  Amarah, Kepentingan diri sendiri , Percideraan,  Roh pemecah ,Kedengkian,  Kemabukan  .

        Roma6:6 “Karena kita tahu ,bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan , supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya,agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.  Roma 8:6 “ Karena keinginan daging adalah maut ,tetapi keinginan Roh adalah damai sejahtera”.

         2. Milik Kristus artinya menjadi satu dengan kristus , Kristus tinggal dihati kita dan kita tinggal didalam Kristus, Yang sering orang Jawa katakan  “Manunggaling kawula an Gusti “  bersatu dengan Yang suci yaitu Kristus sendiri..  yaitu Roh Kudus.

         Roh menggambarkan pribadi yang terikat, tetapi dipimpin oleh kekuatan yang memberi hidup yaitu Roh Kebenaran. Manusia yang hidup didalam Roh Allah  mempunyai pengharapan bahwa  saatnya ada kebangkitan dan yang membangkitkan semua manusia untuk dihakimi, tetapi bagi yang mengenal Yesus akan bersama- sama dengan Dia dalam kekekalan disebelah kanan Allah Bapa di surga.

         Konflik antara Daging dan Roh itu selalu terjadi walaupun kita sudah mengikut Yesus.  Kenyataannya kegagalan demi kegagalan sering kita lihat. Memang  ada kemenangan yang tersedia bilamana kita memberi diri dipimpin oleh Roh Allah. Galatia 5: ayat 24 : “ Barang siapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.”     
 
Orang yang dipimpin oleh Roh adalah orang yang menyerahkan seluruh hidupnya ke dalam pimpinan Roh Kudus. Dan buah dari Roh adalah Kasih,Suka cita, Damai sejahtera, Kesabaran ,Kemurahan,Kebaikan, Kesetiaan,Kelemah lembutan,Penguasaan diri.
Kita diberi hak bebas  untuk memilih dipimpin oleh Roh Kudus atau dipimpin oleh Roh kedagingan !. Allah tidak pernah memaksa seseorang untuk mengikut Dia.  waspadalah sudaraku ! Tuhan Yesus memberkati (Ev.Mons)

No comments:

Post a Comment