TIDAK BERDIRI DI JALAN ORANG BERDOSA (2)

Rabu, 5 April 2017
Berbahgialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa dan tidak duduk dalam kumpulan pencemooh.Mazmur 1:1


Di mana pada zaman pemazmur yang dimana mereka menghadapi berbagai maccam sikap, sifat dan prinsip hidup manusia dan semuanya saling mempengaruhi. Sikap, sifat dan prinsip hidup itu dapat digolongkan dalam 2 kelompok besar ya itu orang benar dan orang fasik. Dalam keadaan seperti itu bukan tidak mungkin seseorang dapat berubah haluan prinsip hidupnya atau pendirian dan ketetapan hatinya. Maka Pemazmur melalui tulisannya mingatkan orang-orang benar agar tidak terjerumas dan berobah menjadi orang fasik yang pasti akan menerima penghukuman Allah.  Didalam ayat 1 dikatakan setiap orang pasti ingin hidupnya selalu diberkati oleh Tuhan. Dan setiap orang juga ingin memiliki kehidupan yang bahagia. Rahasia hidup yang diberkati Tuhan dan hidup yang berbahagia adalah memperhatikan sikap, tingkah laku, dan gaya hidupnya. 

Tentu saja seturut dengan Firman Tuhan. Orang fasik, orang berdosa, dan pencemooh ketiganya mewakili orang duniawi yang hidupnya tidak tinggal dalam Firman Tuhan. Selama kita hidup, kita akan bertemu dengan ketiga macam orang ini. Dalam ayat ini, orang yang ingin hidupnya diberkati dan berbahagia, harus menolak ajakan, bujukan, dan tidak mengikuti langkah orang-orang fasik, berdosa, dan pencemooh. Disini setiap orang pasti ingin hidupnya selalu diberkati oleh Tuhan. Dan setiap orang juga ingin memiliki kehidupan yang berbahagia. Rahasia hidup yang diberkati Tuhan dan hidup yang berbahagia adalah memperhatikan sikap, tingkah laku, dan gaya hidupnya. Tentunya seturut dengan Firman Tuhan.

Orang fasik yang artinya orang yang tidak beriman, orang yang tahu Tuhan namun tiddak melakukan Firman Tuhan.
Orang fasik dilukiskan sebagai: Buta dengan sengaja, keji, membenarkan diri, serakah, menyombongkan diri, mencari kesalahan, lebih mementingkan adat istiadatnya daripada Firman Tuhan, taat dalam kewajiban yang kecil, tetapi melalaikan kewajiban-kewajiban yang besar, pura-pura beribadah, mencarikan kesucian yang luar biasa, mengajarkan tetapi tidak melakukan, memuliakan Allah dengan bibirnya saja, suka dihormati dll. Jadilah orang yang benar menurut Firman Tuhan dan sesuaikan sikap , tingah laku dan gaya hidup kita adalah benar di dalam Tuhan. (PA1000)


No comments:

Post a Comment