TIDAK BERDIRI DI JALAN ORANG BERDOSA (4)

Jumat, 7 April 2017

Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, Mzm 1:1

Ada beberap nuts yang perlu digaris bawahi:  1.orang fasik,2. Orang berdosa ,3.pencemooh. Fasik= Jahat,bahasa aslinya poneros’,athesmos:durhaka, merusak ,meremukkan,menjijikkan.Orang yang tahu Tuhan tetapi tidak melakukan.,sombong ,suka dihormati .

Dosa=Hamartia;Pelanggaran. Pencemooh:Orang yang suka mengejek,,suka menghina,pemecah belah. Orang fasik atau pencemooh adalah jenis orang orang yang mencari  nasehat dengan diri sendiri dalam hikmat mereka sendiri dan mencerca firmanTuhan . Tidak berjalan ,tidak berdiri dan tidak duduk  ini dimaksudkan  untuk menutupi dari berbagai kemungkinan hidup seseorang dapat tergoda dalam mengikuti orang- orang berdosa dalam sikap maupun perbuatan mereka.

         Pemazmur telah mendapatkan kualitas yang positif dari sesorang yang dikatakan berbahagia yaitu selalu meluangkan wakunya untuk membaca,merenungkan  Firman Tuhan setiap saat

         Intruksi yang diberikan Allah kepada umatNya dengan cara memimpinnya kejalan yang benar,ini merupakan tuntunan tertentu. Menjauhkan umatnya dengan orang orang yang berdosa yang menjadikan umatnya  mempunyai kesukaan untuk merenungkan akan FirmanNya.

Orang dalam pimpinan Tuhan akan tidak berjalan dengan orang fasik, namun sebaliknya mengambil jalan merenungkan kebenaran Tuhan. Yaitu dengan memikirkan perintah-perintahNya dalam pembentukan pikiran maupun tindakan kita.

         Bagi orang yang suka Taurat YAHWE, yang merenungkannya siang dan malam dan membentuk hidupnya berdasarkan hal itu, ada kemakmuran, di sini digambarkan seperti sebuah pohon yang menghasilkan buahnya pada musimnya. Yeremi17:7-8”Diberkatilah orang orang yang mengandalkan Tuhan yang menaruh pengharapannya kepada Tuhan. Ia seperti pohonyang ditanam ditepi air yang merambatkan akar akarnya ketepi batang air ,dan yang tidak mengalami datangnya panas terik yang daunnya tetap hijau yang tidak kuatir dalam tahun kering dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

Mzm 1:3”ia seperti pohon yang ditanam ditepi aliran air,yang menghasilkan buahnya pada musimnya,dan yang tidak layu daunnya,apa saja yang dibuatnya berhasil ..Tuhan memberkati (Ev.mons)


No comments:

Post a Comment