Menyalibkan Daging

Minggu, 9 April 2017

Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.
Galatia 5:24

Berit Minggu ini membahas tema berkenaan dengan “Menyalibkan Daging”. Nasehat Rasul Paulus kepada orang-orang di Galatia agar mereka mau menyadari posisinya sebagai milik Kristus. Yaitu orang-orang yang dipanggil serta dipilih untuk percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruslamatNya (Roma 14:7-9). Ada tanggung jawab yang harus dilakukan sebagai milik Kristus!

Paulus menegaskan jika kita sudah menjadi milik Kristus, maka kita telah menyalibkan daging! 

1.   Manusia lama kita telah turut disalibkan! (Roma 6:6). Ketika kita percaya Yesus dan dibabtis, maka kita telah menyalibkan manusia lama kita, sehingga kita tidak lagi menjadi hamba dosa. Sebaliknya menjadi hamba kebenaran.

2.   Mati bagi dosa! (Roma 6:6). Bukankah kita mati bagi dosa? Atau tidak tahukah jika kita yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematianNya (Roma 6:3). Akibatnya sekarang kita telah menjadi orang-orang yang merdeka serta menjadi hamba Allah yang beroleh hidup yang kekal (Roma 6:22). 

3.   Dunia ini telah disalibkan! (Galatia 6:14). “Dunia telah disalibkan bagiku, dan aku bagi dunia”. Ungkapan Paulus mengingatkan kepada kita bahwa segala sesuatu yang ada di dalam dunia ini telah disalibkan Kristus Yesus. Sehingga hidup kita tidak lagi terikat kepada dunia ini, melainkan kepada Kristus.

Saudara yang terkasih didalam Tuhan, kita semua telah disalibkan dengan Kristus! Supaya hidup kita mati terhadap hukum Taurat serta hidup hanya fokus kepada Allah (Galatia 2:19). Sehingga sekarang Paulus menyadari jika hidup yang ada bukanlah milikNya. Melainkan milik Kristus, sebab Kristus yang hidup dalam dirinya (Galatia 2:20) Amin. NDP


No comments:

Post a Comment