JALAN ORANG BENAR BERTAMBAH TERANG (1)


Tetapi jalan orang benar itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari. Jalan orang fasik itu seperti kegelapan; mereka tidak tahu apa yang menyebabkan mereka tersandung. (Amsal 4:18-19)

Minggu ini Berit membahas tema berkenaan dengan “Jalan Orang Benar Bertambah Terang”.  Penulis Amsal raja Salomo membandingkan jalan orang benar dengan jalan orang fasik!. Jalan orang benar itu akan seperti cahaya fajar yang kian bertambah terang, tetapi jalan orang fasik seperti kegelapan. Hal itu akan membuat mereka menjadi tersandung.

Alkitab memberi alasan mengapa jalan orang benar itu akan betambah terang?.
1.   Tuhan mengasihi orang-orang benar!. (Mazmur 146:8).
Tuhan senantiasa menyatakan kasihNya kepada orang-orang benar. Mengasihi lebih dari seorang bapak kepada anaknya.... mengasihi lebih dari seorang suami terhadap isteri...Tuhan mengasihi orang-orang benar dengan kasih yang tanpa batas!. Yaitu kasih agape.
2.   Tuhan menopang orang-orang benar!. (Maz. 37:17).
Tangan Tuhan akan memberi kekuatan kepada tangan-tangan orang benar. Tuhan bahkan akan menjaga serta memeliharanya. Bahkan Tuhan tidak akan membiarkan orang-orang benar jatuh sampai tergeletak!. Sebab tanganNya selalu siap untuk menopangnya.
3.   Mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar!. (Mazmur 34:16a).
Tuhan selalu melihat serta menujukan pandanganNya kepada orang-orang benar. Bahkan mengarahkan wajahNya kepada mereka.
4.   Telinga Tuhan mendengarkan teriakan orang-orang benar (Mazmur 34:16b). TelingaNya selalu mendengarkan setiap orang benar yang mau berteriak minta tolong kepadaNya.



Saudara yang terkasih dalam Tuhan Yesus, jalan orang-orang benar akan bertambah terang. Sebab mata Tuhan serta telinga-Nya akan senantiasa melihat dan mendengar kehidupan orang-orang benar. Bahkan Tuhan selalu menyatakan kasih serta mau menopang kehidupan mereka. Amin. NDP 

No comments:

Post a Comment