HIDUP MENJAUHI PERBANTAHAN (2)


Amsal 20 :3 

Hidup menjauhi kejahatan berhubungan dengan  kehormatan seseorang.  Setiap orang senang dihormati. Banyak hal dilakukan orang, agar orang lain menghormati dirinya. Memakai  apa yang dunia anggap bergengsi, eksklusif  dan lain sebagainya. Tema Berit kali ini menawarkan kepada kita untuk hidup terhormat. Bukan menggunakan apa yang dunia tawarkan, tetapi dengan melakukan Firman Tuhan.  Firman Tuhan membuktikan langsung kepada kita bagaimana seseorang dapat dihormati yaitu dengan “menjauhi perbantahan” ini jawabannya. Bagaimana caranya? Beberapa nas Firman Tuhan menjelaskan kepada kita.

MENJAUHI PERBANTAHAN DENGAN KESABARAN Ams 15:18  Si pemarah membangkitkan pertengkaran, tetapi orang yang sabar memadamkan perbantahan miliki kesabaran yang penuh agar kita dapat menguasai diri dalam menghadapi permasalahan yang ada didepan kita. Melatih kesabaran setiap waktu hingga kita mampu bersabar dalam hal apapun, kapanpun waktunya dan dimanapun tempatnya. Dengan kesabaran kita dapat memadamkan perbantahan.

MENJAUHI PERBANTAHAN DENGAN MENGHINDARINYA Ams 17:14  Memulai pertengkaran adalah seperti membuka jalan air; jadi undurlah sebelum perbantahan mulai. Dibutuhkan kepekaan untuk melihat segala sesuatu yang dapat merugikan diri kita. Cepat hindari gejala perbantahan, lebih baik menjauh sebelum perbantahan menyala. Sebab perbantahan pada umumnya sulit dikendalikan dan dihentikan. Tanpa terasa emosi akan meluap dengan mencari kepuasan yang salah. Sebab itu jauhi, hindari semuanya itu.

MENJAUHI PERBANTAHAN DENGAN MENCARI KETENTRAMAN Ams 17:1  Lebih baik sekerat roti yang kering disertai dengan ketenteraman, dari pada makanan daging serumah disertai dengan perbantahan. Buat apa perbantahan dilakukan. Bukankah lebih baik ketentraman? Firman Tuhan mengingatkan kepada kita untuk menghindari perbantahan dengan mencari ketentraman. Biarlah dengan mencari ketentraman dapat menghilangkan pikiran kita untuk perbantahan. 

Perbantahan mengakibatkan banyak kerugian. Mengganggu komunikasi kita dengan orang lain bahkan orang banyak. Dosa yang dihasilkan, bukan kemuliaan bagi Tuhan. Mari mengandalkan Roh Kudus untuk menjauhi perbantahan. Amin (LGS)

No comments:

Post a Comment