SEORANG YANG DAPAT DIPERCAYA (5)


 (Nehemia 7 : 2 )

Nehemia adalah contoh yang baik dalam Alkitab dari seorang pemimpin yang baik, saleh, bijaksana, berprisnsip, berani, integritas tak tercela, imannya kokoh, penuh belas kasihan bagi yang tertindas, dan sangat berbakat besar dalam kepemimpinan dan organisasi. Buktinya semasa Nehemia menjadi Gubernur, Nehemia tetap jujur, rendah hati, bebas dari keserakahan, penuh pengorbanan, tidak bercela dalam kedudukan dan kuasanya, karena Nehemia adalah seorang yang dapat dipercaya. Dengan modal hidup yang berkenan kepada Allah, maka Nehemia dapat menyelamatkan pembangunan seluruh tembok Yerusalam yang hancur hanya dalam waktu 52 hari.

Demikian juga seharusnya dalam pelayanan kita membutuhkan karakter seperti yang dimiliki oleh Nehemia yaitu karakter yang Alkitabiah. Agar kita memiliki kesehatian, kebersamaan penuh sukacita sesuai dengan kehendakNya, karena melaksanakan tugasnya dengan mengasihi Tuhan dan dapat dipercaya. Jika tugas pelayanan kita menjadi sukacita dan mengasihi Tuhan maka apa yang kita lakukan itu akan menjadi berkat. Daud berkata didalam Mazmur 119:54 “Ketetapan-ketetapan-Mu adalah nyanyian mazmur bagiku di rumah yang kudiami sebagai orang asing.” Jika kita mengasihi Tuhan, maka ketetapan-ketetapanNya menjadi nyanyian dan kita senang melayani Dia, dan pasti melakukan kehendakNya juga dengan segenap hati. Apakah manfaatnya jika melakukan kehendakNya dengan segenap hati ? A. Markus 3:35. Kita akan mengalami hubungan yang erat dengan Yesus. B. Yohanes 7:17. Kita akan mempunyai hak istimewa untuk mengetahui kebenaran Allah. C. I Yohanes 5:14-15. Kita akan melihat jawaban doa-doa kita.

Mengapa orang di percaya dalam mengasihi Tuhan merupakan persyaratan orang yang dipakai Tuhan?. Sebab orang yang bisa dipercaya dalam mengasihi Tuhan akan memiliki hati seperti hati Tuhan. Hati Tuhan disampaikan oleh Rasul Paulus dalam Filipi 1:9-11 yang berbunyi demikian : "Dan inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian, sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus, penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.” Biarlah kita orang percaya, tambah hari, tambah memiliki komitmen penuh terhadap Firman Allah. Amin. BS