SEORANG YANG DAPAT DIPERCAYA (2)


“Pengawasan atas Yerusalem aku serahkan kepada hanani saudaraku dan kepada hanaya, panglima benteng, karena dia seorang yang dapat di percaya dan yang takut akan Allah lebih daripada orang lain “ (Nehemia 7 : 2 )

Pemilihan Hanani dan Hanaya menjadi orang-orang kepercayaan Nehemia bukanlah sesuatu yang aneh dan harus diperdebatkan.  Hal itu sudah dipertimbangkan serta dipikirkan oleh Nehemia. Mereka adalah orang-orang yang dapat dipercaya, artinya:
1. Mereka dapat mengemban tugas itu!. 
Nehemia percaya jika Hanani dan Hanaya dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan dengan baik. Mereka mampu melakukannya dengan benar. 

2. Mereka dapat diandalkan!. 
Nehemia percaya bahwa mereka dapat menjadi wakilnya. Yaitu dapat bekerja dengan baik. Hal itu bukan karena mereka orang-orang yang hebat, pandai maupun cakap. Tetapi mereka merupakan orang-orang yang mempunyai kehidupan takut akan Tuhan. Jadi mereka mengerjakan segala sesuatu seperti untuk Tuhan, bukan karena saudara itu pemimpinnya. 

3. Mereka dapat bekerjasama!. 
Nehemia percaya jika Hanani dan Hanaya mampu untuk dapat bekerjasama dengan dirinya. Nehemia melihat dedikasi dan loyalitas mereka yang luar biasa. Baik kepada dirinya maupun bangsanya. 
4. Mereka dapat menjadi teladan. 
Nehemia yakin jika mereka tidak saja mampu bekerja dengan baik. Namun kehidupan Hanani dan Hanaya mampu untuk menjadi contoh bagi pemimpin-pemimpin lainnya, integritas yang dimiliki mereka sudah teruji dan terbukti. 

Saudara yang terkasih di dalam Tuhan Yesus Kristus, menjadi orang yang dapat dipercaya bukanlah sesuatu yang mudah!. Ada tanggungjawab yang besar yang diembannya. Bukan saja berkenaan dengan pekerjaan yang dipercayakannya, melainkan juga berhubungan dengan karakter hidup yang dimilikinya. 

Marilah kita bersama belajar menjadi seorang seperti Hanani dan Hanaya yang mampu untuk menjadi orang yang dipercaya dalam tugas yang mulia. Amin. NDP. 

No comments:

Post a Comment