HIDUP MENJAUHI PERBANTAHAN (6)


Amsal 20 :3 

Firman Tuhan menjelaskan beberapa ciri orang yang suka dalam perbantahan.  Kita dapat merenungkannya dan mempelajari sungguh agar kita dapat terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan diri kita dan tidak memuliakan Tuhan.  Memperbanyak waktu untuk mempertimbangkan permasalahan yang ada, lebih baik dari pada langsung melakukan perbantahan. Seringkali kita terlalu terburu-buru, sehingga kurang mempertimbangkan baik buruknya. Mari kita terus mewaspadai apa yang terjadi dihadapan kita dengan menerima Firman berkenaan dengan ciri berikut.

CIRI PEMBANTAH - ORANG BODOH Ams 20:3  Terhormatlah seseorang, jika ia menjauhi perbantahan, tetapi setiap orang bodoh membiarkan amarahnya meledak. Saya percaya tidak ada orang bodoh, sebab segala yang diciptakan Tuhan baik adanya. Kebodohan bisa terjadi pada saat tidak mengerti kebenaran. Biarlah  kita mau membuka hati untuk dipenuhi oleh kebenaran Firman Tuhan. sebab Firman Tuhan dapat memberikan pengertian dalam setiap perilaku dan ucapan kita.

CIRI PEMBANTAH - ORANG BEBAL Ams 18:6  Bibir orang bebal menimbulkan perbantahan, dan mulutnya berseru meminta pukulan. Pengertian bebal adalah orang yang tidak bisa menerima nasihat dan teguran. Bertahan dengan apa yang dianggap dirinya benar.  Tuhan selalu mengasihi dengan memberikan pengalaman pribadi,  hingga apa yang Tuhan kehendaki tergenapi bagi orang bebal. Suara Roh Kudus sangat jelas, menuntun dan mengarahkan hidup kita, hanya dibutuhkan ketaatan menanggapi setiap kebenaran.

CIRI PEMBANTAH – SI PENCEMOOH Ams 22:10  Usirlah si pencemooh, maka lenyaplah pertengkaran, dan akan berhentilah perbantahan dan cemooh. Mengubah segala pikiran yang negative menjadi yang positif. Mempercayakan semua yang terjadi atas seijin Tuhan. karena dalam segala suatu Tuhan akan mendatangkan kebaikan. Tanpa terasa kita bisa menjadid seorang pencemooh saat kita membiarkan pikiran negative yang berjalan.
Mari terus membentuk pola berpikir kita dengan hal yang benar yang Tuhan ajarkan. Sebab dalam Tuhan, ada tuntunan dalam Tuhan ada nasihat dan teguran. Biarlah kita terus berusaha untuk tidak melakukan yang salah, menghindari dan menjauhi perbantahan, dan menggantikan semua dengan hal yang mempermuliakan nama Tuhan. Amin (LGS)

No comments:

Post a Comment