HIDUP MENJAUHI PERBANTAHAN (5)



“Terhormatlah seseorang. Jika menjauhi perbantahan tetapi setiap orang bodoh membiarkan kemarahannya meledak “ Amsal 20 :3 

Di dalam ayat lain Yakobus menyebukan 3 (tiga) musuh yang tidak boleh orang percaya bergaul secara akrab jika ingin memperoleh damai dengan Allah (menjauhi perbantahan/pertengkaran).
1. Jangan ada persahabatan dengan dunia (Yakobus 4:4). Akibatnya hidup kita akan dicemarkan oleh dunia ( Yakobus 1 : 27 ) sehingga segi-segi kehidupan kita menjadi serupa dengan dunia. Walaupun kita diselamatkan “tetapi seperti dari dalam api”( I Korintus 3:11-15 ). Yang paling menyedihkan lagi, ia akan dihukum bersama-sama dengna dunia  ( I Korintus 11:32 ). Kita orang percaya telah menjadi milik Kristus (Roma 7:4) dan harus setia kepadaNya. Sebab dunia adalah musuh Allah.

2. Musuh yang ke 2 adalah hawa nafsu.
Yang disebut hawa nafsu ialah nafsu lama yag kita warisi dari Adam. Yaitu yang cenderung berbuat dosa. Jadi hawa nafsu itu bisa mempengaruhi tubuh untuk melayani dosa, tetapi Roh dapat menggunakan tubuh untuk memuliakan Allah. Jadi orang percaya yang mengikuti hawa nafsunya sama dengan menyenangkan dirinya sendiri tetapi menghina Roh Kudus yang diam didalam dirinya. Seperti Lot yang memiliki  pikiran duniawi menjadi musuh Allah dan istrinya menjadi tiang garang. Tetapi Abraham yang memiliki pikiran rohani, bisa menjadi sahabat Allah, berjalan bersama Allah dan menikmati hidup damai dengan Allah.

3. Musuh yang ke 3 adalah Iblis.
Alkitab berkata bahwa Iblis itu adalah musuh Kristus. Dosa Iblis yang terbesar  ialah kesombongan. Dan kesombongan ini dipakai Iblis sebagai salah satu senjata untuk melawan Kristus dan pengikutnya yaitu saudara dan saya. Allah ingin agar umatNya memilki sikap rendah hati tetapi Iblis merubah kita orang percaya supaya tinggi hati. Allah ingin sudara dan saya berada dalam kesatuan dan persatuan, Iblis merubah agar semua orang percaya bercerai berai.

Jadi pesahabatan dengan dunia itu akan menjadikan musuh Allah, supaya orang percaya jauh dari kasih Allah. Hawa nafsu akan menjadikan musuh Roh Kudus supaya orang percaya hidup dalam kecemaran bukan kekudusan. Iblis akan menjadikan musuh Kristus, agar menolak FirmanNya supaya orang percaya boleh hidup menurut kebenarannya sendiri. Inilah yang menyebabkan     perbantahan/pertengkaran terjadi dalam masyarakat, keluarga, gereja, pribadi karena hilangnya persekutuan kita di dalam AB-AA-RK-Amin (BS)

No comments:

Post a Comment