KASIH MENUTUP KEMUNGKINAN UNTUK BERDOSA (3)



Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh  seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa. 1Ptr 4:8  

Definisi kasih berlawanan dengan hal-hal dosa. Sebab itu kasih dinyatakan menutup banyak sekali dosa. Tantangannya ialah diri kita sendiri yang tidak mampu sungguh-sungguh hidup didalam kasih. Kasih yang tidak tulus dan kasih dengan motivasi yang salah, dan kasih yang formalitas hanya menghasilkan kesia-siaan saja. Berikut mari kita belajar dari definisi kasih untuk menjauhi banyak dosa.

MENUTUP DOSA KETIDAKSABARAN, IRI HATI DAN KESOMBONGAN 1Kor 13:4 ¶  Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Masih adakah ketidaksabaran, iri hati dan kesombongan yang kita lakukan? Mari melihat kasih yang ada dalam hidup kita. Tidak mudah tapi Tuhan memampukan kita untuk sungguh sungguh hidup mengasihi. 

MENUTUP DOSA TIDAK SOPAN, MENCARI KEUNTUKNGAN SENDIRI, PEMARAH DAN MENYIMPAN KESALAHAN ORANG LAIN. 1Kor 13:5  Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Kasih terus diuji. Penting untuk kita terus menyadari bahwa saat kita mampu menutupi dosa dosa tersebut berarti kita mampu untuk sungguh-sungguh  mengasihi.

MENUTUP DOSA TIDAK ADIL 1Kor 13:6  Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Keadilan juga salahsatunya diperoleh dari hati yang mengasihi. Keadilan tanpa kasih dapat mengecewakan banyak pihak, tetapi sebaliknya saat kita memliki keadilan maka banyak orang akan mempercayakan banyak hal bagi hidup kita biarlah pelajaran minggu ini mampu mengajar dan mengarahkan hidup kita untuk menutupi dan menjauhi dosa.

Melatih diri dari saat ke saat akan mempengaruhi keahlian untuk kita hidup kasih. Kita harus pastikan yang utama kasih hanya kepada Tuhan kemudian kasih terhadap sesame kita manusia.  Berkat Tuhan pasti tersedia bagi setiap orang yang mampu mengasihi. Amin (LGS)

No comments:

Post a Comment