TUHAN TURUT MERASAKAN KELEMAHAN KITA (2)



 Ibrani 4:15

Imam Besar Agung atau yang biasa kita sebut Tuhan Yesus, yang melintasi semua langit ini membuktikan bahwa Dia adalah Anak Allah yang mempunyai kuasa yang dahsyat  dilihat dari kedatanganNya dari tempat yang jauh sehingga Ibrani 4:14 mengatakan baiklah  kita teguh berpengang pada iman, artinya  ini adalah sebuah pengakuan untuk menjadikan Yesus  dasar iman pengharapan kita .

Kesadaran kitab Ibrani 4:15 menarik bahwa Imam Besar Agung  yang kita miliki sekarang tidak hanya memiliki kuasa dahsyat untuk memerintah saja sama seperti imam-imam yang lain pada umumnya, tetapi Imam Besar Agung atau Yesus  disini dijelaskan turut merasakan kelemahan-kelemahan kita sebagai manusia, maka ada beberapa point yang bisa kita renungkan minggu ini.

a. Tuhan Yesus memposisikan DiriNya sama seperti kita manusia. Atas kehendak Bapa yang disurga mengutus AnakNya untuk turun kedunia, menjadi serupa seperti manusia untuk mengalami  proses sekolah kehidupan dalam melayani Bapa di tengah manusia yang jauh akan Allah.

b. Tuhan Yesus turut merasakan kelemahan manusia akan pencobaan. Kelemahan yang turut dirasakan Yesus dalam pencobaan Ia alami ketika puasa 40 hari 40 malam di padang gurun (Matius 4:1-11) membuktikan bahwa Ia bergumul berat untuk tidak kompromi dengan dosa inilah yang umumnya dirasakan oleh manusia yang lemah akan pencobaan dan Yesus alami ketika hidup di dunia.

c. Tuhan Yesus membuktikan kasih yang nyata menggantikan manusia dari hukuman. Melalui karya salib yang Yesus tanggung dengan mengorbankan hidupNya  atas segala dosa dan kejahatan manusia telah membuktikan bahwa Ia telah merasakan kelemahan manusia untuk mendapat ganjaran dari dosa yang kita perbuat dari ketidaktaatan manusia akan Allah. ... Be. 

No comments:

Post a Comment