KASIH MENUTUPI BANYAK SEKALI DOSA ! (5)




Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.  1 Petrus 4:8

“Sebab kasih menutupi banyak sekali dosa !”. Tense kalimat tersebut dalam bentuk “Future” bersifat “akan”. Seperti halnya yang tertulis dalam King James Version “Charity Shall Cover The Multituted of Sins”. Kata “ Shall “ diatas men yh njukkan bentuk “akan”.

Jadi dalam hal ini penulis, yaitu Rasul Petrus menjelaskan bahwa teks diatas berbicara bukan berkenaan dengan dosa yang telah dilakukan, melainkan berkaitan dengan dosa yang akan dilakukan. Maksud disini ketika kita mengasihi maka dosa saudara dan saya akan ditutupi, tetapi penulis bermaksud ketika saudara dan saya mengasihi, maka kita tidak akan melakukan dosa.

Ada dua hal penting yang dapat kita renungkan melalui nats diatas. 
1. Ketika kita mengasihi, dosa tidak akan ada !
Orang yang mengasihi sadar bahwa apa yang dilakukan itu  baik dan benar dihadapan Allah dan manusia. Hal itu sebagai tindakan yang sesuai dengan perintah Tuhan serta patut untuk dikerjakan kepada orang lain. Itu sebabnya tindakan tersebut benar-benar memperkenan Tuhan dan tidak mendatangkan dosa !. 

2. Ketika kita mengasihi, dosa akan ditutup!
Kasih yang kita berikan kepada orang lain  akan mampu menutupi segala kesalahan, pelangaran dan dosa orang tersebut. Kasih yang kita berikan jauh lebih mulia dan berharga dari besarnya dosa orang itu. Kasih saudara dan saya sanggup menutupi segala kesalahan dan kekurangan orang itu kepada kita.
Saudara yang terkasih di dalam Yesus, betapa hebat dan dasyatnya kasih yang Tuhan berikan kepada saudara dan saya. Sebab kasih itu dapat menjadikan dosa tidak akan ada!. Dan kasih kita juga menjadikan banyak dosa akan ditutupi!. NDP