Hiasilah Dirimu Dengan Kemegahan Dan Keluhuran

Minggu, 5 Februari 2017
 
“Hiasilah dirimu dengan kemegahan dan keluhuran ,kenakanlah keagungan dan semarak!” ( Ayub 40:5 )

Berit minggu ini membahas tema berkenaan dengan “Hiasilah Dirimu Dengan Kemegahan Dan Keluhuran”. Perikop ini merupakan jawaban serta respon Tuhan atas jeritan hati Ayub  (Ayub 39:34-38). Tuhan menantang Ayub untuk kembali fokus hanya kepadaNya, bukan kepada persoalannya!. Ungkapan dalam ayat 2, "Bersiaplah engkau sebagai laki-laki; ....” . Hal ini menunjukkan, Tuhan mau Ayub menjadi seorang kesatria yang gagah berani dalam menghadapi tantangan serta persoalan hidupnya.
Bila demikian halnya, kiranya Ayub berkenan memakai pakaian-pakaian kemuliaan dari Allah!.


1.    Hiasilah dengan kemegahan!.

Kata “Kemegahan” berasal dari kata dasar “megah” yang berarti “mulia dan masyur”; tampak gagah. Sehingga kata “kemegahan” dapat dimaknai dengan kemuliaan dan kemasyuran atau kebesaran dsb. Tuhan mau agar Ayub  mau berdandan serta memperelok dirinya dengan hal-hal yang mencirikan kemuliaan, kemasyuran dan kebesaran Allah.


2.    Hiasilah dengan keluhuran!.
Ayub juga dimohon untuk senantiasa memperlengkapi dirinya dengan perkara luhur yang dibangun oleh para leluhurnya, yaitu hal-hal yang meninggikan nama Tuhan.


3.    Hiasilah dengan keagungan!.
Kata kemegahan, keluhuran dan keagungan memiliki pengertian yang mirip dan hampir sama: kemuliaan, kebesaran, nama ketiga kata tersebut saling mengikat dan melengkapi satu dengan yang lainnya!. Yaitu sesuatu yang indah, mulia, tinggi, serta luhur. Kemegahan, keluhuran dan keagungan itu yang Tuhan mau untuk Ayub bangun dan tumbuhkan dalam kehidupannya.


4.    Hiasilah dengan semarak!.
Dalam kamus Indonesia kata “marak” atau “semarak” berarti “berseri” atau “bercahaya”. Atau “tampak elok”. Sesuatu yang berseri , bercahaya dan elok yang daripada Tuhan... hendaklah yang dikenakan Ayub dalam hidupnya!. Pakaian-pakaian yang ilahi serta penuh kemuliaanNya yang selalu dikenakan dalam kehidupanNya. 


     Saudara yang terkasih, marilah kita bersama menghiasi hidup dengan kemegahan, keluhuran, keagungan serta semarak yang daripada Tuhan. Kiranya hidup kita dapat memancarkan sesuatu yang indah, elok, mulia dan agung yang berasal daripadaNya. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment